Ajak Anak Muda Kembangkan Bisnis, Pemkab Tegal Salurkan Insentif Rp540 Juta

Polkum - Selasa, 22 Oktober 2024

241022142742-ajak-.jpg

Foto : Dok Humas

SINARPAGINEWS .COM, TEGAL – Pemkab Tegal salurkan dana insentif Rp540 juta kepada 28 anak muda yang berhasil masuk jajaran top 28 Program Wirausaha Pemuda (WP) Kabupaten Tegal Chapter VI Tahun 2024 dan delapan orang “Bos Muda” alumni program ini dari chapter sebelumnya yang dinilai berhasil menjalankan usahanya dan berkontribusi aktif dalam pemberdayaan masyarakat di lingkungannya.

Penganugerahan sekaligus pemberian insentif senilai masing-masing Rp15 juta untuk top 28 wirausaha muda (wiramuda) tersebut dilakukan oleh Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI Hendro Wicaksono bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Tegal Joko Kurnianto di Lapangan Parkir Trasa Coworking Space (TrackingSpace), Sabtu (19/10/2024) malam.

Hendro memberikan apresiasi atas pelaksanaan program WP di Kabupaten Tegal sebagai program unggulan daerah dalam mendorong tumbuhnya wiramuda. Upaya ini sejalan dengan agenda Pemerintah meningkatkan indeks pembangunan pemuda untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

“Kami sangat mengapresiasi konsitensi Pemerintah Kabupaten Tegal menjalankan program ini sebagai upaya meningkatkan indeks pembangunan pemuda di mana ini merupakan harapan dan tantangan kita mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Pihaknya berharap program WP yang untuk pertama kalinya dirintis Pemkab Tegal sejak 2019 lalu bisa menjadi contoh pemerintah daerah lainnya sebagai program unggulan pemberdayaan pemuda di sektor usaha ekonomi produktif.

Menanggapi hal tersebut, Joko pun meminta generasi muda untuk terus berkarya dan berninovasi dalam menerapkan ide atau gagasan kreatifnya untuk menangkap peluang bisnis di era mondial atau digital saat ini.

“Wiramuda harus siap menghadapi berbagai tantangan mulai dari kompetitor hingga ketidakstabilan pasar dengan terus berinovasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni menuturkan dengan semakin bertambahnya jumlah wirausahawan pemuda yang berkualitas, maka akan tercipta usaha-usaha rintisan atau startup dengan daya saing kuat, mampu tumbuh dan berkembang secara baik dan mandiri.

“Selain memunculkan bibit bos muda yang berkualitas dan inovatif, melalui program WP ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran,” kata Uwes.

Terakhir, ia menerangkan jika Top 28 Program WP ini merupakan wiramuda pilihan yang telah diseleksi dari 670 pendaftar. Sementara para Bos Muda ini merupakan alumni program WP tahun 2023 sebanyak lima orang dan dan alumni program WP 2019-2022 sebanyak tiga orang.(hid/hms).

Penulis/Pewarta: Red
Editor: A.Wahidin
© sinarpaginews.com 2024