Kodim 0713 Brebes Sosialisasikan Pembelajaran Matematika Metode Gasing

TNI/Polri - Sabtu, 26 Oktober 2024

241026165003-kodim.jpg

Foto : A.Wahidin

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Kodim 0713/Brebes, Korem 071/Wijayakusuma, Pemateri Lettu Arm Sukirno Danramil 10/Sirampog bersama anggota Serka Frejon, Sertu Roganda Tampubolon, Sertu Andre Bagus dan Sertu Suparno melaksanakan Sosialisasikan Pembelajaran Matematikan Metode Gasing di TK Pertiwi Desa Padasugih, TK Al-Hikmah Desa Krasak, SD Negeri 1 Brebes, dan SD Negeri 8 Brebes, Kec. Brebes, Kab. Brebes. Sabtu (26/10/2024).

Diawalai dengan perkenalan seluruh pemateri selanjutnya memberikan sosialisasi pembelajaran Matematikan dengan metode Gasing didalam ruang kelas.

Dalam kata pengantarnya, Lettu Arm Sukirno menyatakan bahwa Metode GASING adalah suatu metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan.

“Kunci metode GASING ini adalah proses langkah demi langkah, yang disusun sedemikian rupa sehingga penguasaan materi dibangun dari pemahaman materi sebelumnya. Pentingnya proses langkah demi langkah ini dalam metode GASING tercermin sewaktu anak-anak belajar suatu topik, ada titik kritis yang harus mereka lewati. Setelah mencapai titik kritis ini mereka tidak akan sulit lagi mengerjakan soal dalam topik tersebut.

Dalam pembelajaran metode GASING ini anak-anak diajak bermain dan bereksplorasi dengan alat peraga sehingga benar-benar terasa dan terbayang konsep yang ingin disampaikan. Jadi yang abstrak selalu diawali dengan sesuatu yang konkrit, sehingga anak-anak dapat jauh lebih mudah mengerti dan mengaplikasikan konsep yang diajarkan. Salah satu ciri khas lain dari metode GASING adalah anak-anak dapat melakukan perhitungan di luar kepala dengan cepat.

Sementara itu Kepala Sekolah TK Pertiwi Padasugih Ibu Herna Sariwiningsih menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada bapak-bapak TNI dari Kodim 0713/Brebes yang telah memberikan pembelajaran matematika dengan metode Gasing.

“Dalam pembelajaran metode GASING sungguh menyenangkan bagi anak-anak, mereka dapat belajar sambal bermain dan tentunya mengeksplore kemampuan berhitung dengan cepat dan tepat serta benar.”imbuhnya

“Kami berharap kegitan ini terus berlanjut diwaktu-waktu yang akan datang sehingga anak-anak didik kami dapat dapat melakukan perhitungan di luar kepala dengan cepat.”harapnya.

Penulis/Pewarta: A.Wahidin
Editor: Red
© sinarpaginews.com 2024