Diskominfo Aceh Fasilitasi Vidcon HPN 2021 Di Tengah Laut

Diskominfo Aceh Fasilitasi Vidcon HPN 2021 Di Tengah Laut Ismet spn

BANDA ACEH, - Pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 di atas Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 2, Selasa (9/2/2021), Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh ikut memberikan dukungan penuh dengan menyiapkan fasilitas video conference (vidcon).

Fasilitas vidcon merupakan sarana utama yang digunakan untuk pertemuan virtual ini dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama seluruh Persatuan Wartawan Indonesia.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) Aceh Marwan Nusuf mengatakan fasilitas vidcon sudah dipersiapkan seminggu sebelum acara mulai dari menyediakan infrastruktur koneksi internet.

Ini merupakan vidcon pertama yang dilakukan dari tengah-tengah laut yang memisahkan Kota Banda Aceh dan Kota Sabang.

"Seminggu sebelum acara, kita sudah menyiapkan infrastruktur vidcon dengan menyediakan kabel dan tower yang terhubung ke internet. Kemudian kita langsung mengujinya di Kapal KMP Aceh Hebat 2," ungkapnya.

Langkah selanjutnya, jelas Marwan, pihaknya melakukan survei kekuatan sinyal sampai ke tengah laut dari bibir pantai. Pengujian pertama berjarak sekitar 2 mil.

"Selanjut kita uji yang kedua dari Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh langsung ke Balohan Sabang. Alhamdulillah, berjalan sesuai dengan harapan," sebutnya.

Meski demikian, proses penyiapan infrastruktur vidcon juga mengalami sedikit kendala saat mengarahkan sinyal ke tower secara manual dalam jarak pandang mata.

Hambatannya disebabkan oleh masalah cuaca dan kondisi kapal yang bergerak dinamis dan tidak menentu mengikuti gelombang laut.

Sebenarnya sampai ke Sabang tidak ada masalah namun saat perpindahan sinyal dari tower ke tower berikutnya ini yang menyebabkan jaringan terputus.

"Jadi sistemnya harus di-restart sehingga tersambung kembali. Tapi saya lihat dalam vidcon ini tidak ada kendala, jaringan kita tetap stabil," katanya.

Menurut Marwan, vidcon di tengah laut ini menjadi tantangan baru. Biasanya, pihak Diskominfo Aceh mengadakan vidcon di darat baik di dalam maupun di luar provinsi. Marwan bersyukur, vidcon HPN berlangsung lancar.(spn/aceh).

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar