Junaidi Wibawa :Jangan Mudah Percaya Info Obat Covid

Junaidi Wibawa :Jangan Mudah Percaya Info Obat Covid Dok dr Junaidi Wibawa Direktur RSUD Bendan Kota Pekalongan

SINARPAGINEWS.COM, PEKALONGAN – Anda bergejala Covid-19? Jangan panik, tapi jangan pula berusaha mengobatinya sendiri. Salah pengobatan, justru dapar berakibat buruk.

Direktur RSUD Bendan Kota Pekalongan, dokter Junaidi Wibawa mengungkapkan, akhir-akhir ini banyak berseliweran di sosial media mengenai informasi nama-nama obat yang diklaim sebagai resep dokter, yang bisa dikonsumsi selama massa menjalani isolasi karena terpapar Covid-19. Bahkan, ada informasi yang mengatakan jika seseorang yang mengalami gejala Covid-19 tidak perlu panik ataupun pergi ke rumah sakit, melainkan hanya perlu mencoba resep obat yang telah dicantumkan.

Menghadapi informasi yang berseliweran tersebut, dia meminta agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap informasi yang belum jelas, dan yang tidak memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Junaedi menjelaskan, meskipun disebut resep itu berhasil diterapkan di luar negeri atau di daerah lain, namun belum tentu cocok dikonsumsi di Indonesia.

“Daripada mempercayai hal yang belum pasti, lebih baik masyarakat taat menerapkan protokol kesehatan 5 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” imbaunya.

Tidak hanya itu, Junaedi juga berpesan agar 5 M itu ditambah lagi dengan 1 M yakni menghindari makan bersama-sama. Selain ketat menerapkan protokol kesehatan, dia mengimbau masyarakat, apabila mengalami gejala seperti panas, batuk pilek, mual, dan muntah-muntah agar segera periksa ke rumah sakit. Jangan menahannya dengan mencoba mengobati sendiri.

“Karena hanya dengan tenaga medis yang kompetenlah masyarakat bisa tahu apakah dirinya terpapar covid atau tidak. Sehingga jangan sampai terlambat untuk pergi ke fasilitas kesehatan,” pungkas Junaedi.(spn/jateng).

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar