Kang Aher Ajak Warga Sunda di Sumbar Bersama Majukan Tanah Minang

Kang Aher Ajak Warga Sunda di Sumbar Bersama Majukan Tanah Minang Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan bersilaturahim dengan warga Sunda yang ada di Sumatera Barat (spn/PKS)

SINARPAGINEWS.COM, PADANG - Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat 2 periode silaturahim ke Paguyuban Wargi Sunda (PWS) provinsi Sumatera Barat di Kota Padang, Senin (25/10/2021).

Kedatangan Gubernur Jawa Barat dua periode ini disambut hangat oleh etnis Sunda yang menetap di Sumatera Barat. Ahmad Heryawan berkesempatan menikmati hidangan yang disajikan oleh PWS, dari pisang rebus, kecipring dan lainnya.

Kang Aher sapanya, sangat bahagia dapat bertemu dengan warga sunda di Sumbar.

"Alhamdulillah di sela-sela kunjungan saya ke Sumatera Barat untuk bertemu dengan struktur PKS Sumbar, saya juga berkesempatan megunjungi Paguyuban Wargi Sunda (PWS). Dan ternyata menurut data yang dikemukakan oleh beberapa orang, warga etnis Sunda yang ada di Sumbar cukup banyak dan sudah diperkirakan menjadi etnis terbesar kedua setelah etnis Minang. Tentu ini adalah potensi mereka harus dikembangkan untuk maju bersama sama masyarakat Minang," jelas Kang Aher.

"Saya minta kepada mereka supaya dapat berakulturasi dengan masyarakat setempat karena meski mereka adalah etnis Sunda tetapi mereka memiliki kewajiban sebagai warga Sumbar untuk ikut serta memajukan Sumbar bersama-sama warga yang lainnya," lanjut Kang Aher.

Kang Aher juga mengutarakan bahwa etnis Sunda disini berkeinginan mengembangkan budaya Sunda di Sumbar. Mereka butuh alat-alat gamelan, alat kesenian sunda laimnya dan dapat dilibatkan di momen-momen tertentu, misalnya di perayaan HUT RI dan perayaan HUT Sumatera Barat.

"Selain Gubernur Sumbar, saya juga berharap Gubernur Jawa Barat sendiri harus memperhatikan warganya disini. Semoga kekurangan alat-alat kesenian Sunda dapat didukung oleh dua pemerintah provinsi ini. Alhamdulillah di era saya, melalui bank BJB saya hibahkan alat-alat gamelan," terang Kang Aher.

Gubernur peraih 278 penghargaan ini juga sangat bangga dengan etnis Sunda yang ada di Sumbar. Beliau mengatakan bahwa etnis sunda di Sumbar berperilaku baik.

"Ini pengakuan Profesor Irwan Prayitno Gubernur 2 periode Sumbar dan juga Buya Mahyeldi yang kini sedang menjabat sebagai Gubernur. Bahwa etnis Sunda disini berperilaku baik bahkan sangat dikenal baik. Terimakasih, Alhamdulillah warga Sunda disini baik-baik, bisa menyesuaikan hidup bersatu padu dengan budaya setempat,".

Kang Maman selaku Ketua PWS Sumatera Barat sangat bahagia Kang Aher bisa bertemu paguyuban sunda.

"Alhamdulillah kita kedatangan orang tua kita jauh-jauh dari Bandung untuk bersilaturahim. Semoga kedatangannya mampu memberikan energi positif untuk warga Sunda di Sumbar. Semoga kita semakin guyub dan mampu bekerjasama dengan warga Minang untuk memajukan Sumbar. Tadi kang Aher juga berpesan, untuk hal kebaikan warga sunda harus terdepan, jangan malah menyerahkan ke orang lain dulu, tapi mari duluan", jelas Kang Maman.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar