Konsisten Dorong Kompetisi Wartawan

Ketua PWI Avhes : Anggota PWI Belum UKW, Selamanya Tidak Bisa Jadi Anggota Biasa

Ketua PWI Avhes : Anggota PWI Belum UKW, Selamanya Tidak Bisa Jadi Anggota Biasa Dok Istimewa Ketua PWI Kabupaten Sukabumi Asep Solihin (Avhes)

SINARPAGINEWS.COM SUKABUMI- Seiring dengan hasil Konferensi Kerja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kab. Sukabumi, yang salah satunya, yakni meningkatkan Kompetensi wartawan agar lebih profesional dalam berprofesi.

PWI Kab. Sukabumi, terus berupaya mendorong dan mengarahkan anggota-anggotanya untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), dengan harapan, agar semua wartawan yang tergabung di PWI Kab. Sukabumi memiliki Sertifikat UKW.

Bahkan prinsipnya, apabila anggota PWI belum mengikuti UKW, selamanya tidak akan bisa jadi anggota biasa, hal itu di tegaskan Ketua PWI Kab. Sukabumi Asep Solihin yang akrab dipanggil Avhes, usai menyerahkan KTA Wartawan Muda dari Dewan Pers kepada sembilan Wartawan yang telah mengikuti UKW beberapa waktu lalu di Kab. Purwakarta.

Lanjut Avhes, mengacu pada prinsip di atas, serta konsistensi pengurus PWI Kab. Sukabumi melalui Bidang Pendidikan, PWI secara konsisten melaksanakan bengkel jurnalistik sebagai rutinitas untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kejurnalistikan kepada anggota-anggotanya.

Sehingga apabila dihadapkan dengan UKW, wartawan yang tergabung di PWI Kab. Sukabumi sudah siap untuk mengikutinya. jelas Avhes kepada Sinarpaginews.com di Kantor PWI Kab. Sukabumi Jalan Wartawan Kompleks GOR Pemuda Cisaat, Jumat 04-11-2022.

Masih kata Avhes, Bagi para jurnalist. Sebagaimana yang telah ditetapkan pada kode etik jurnalistik. seorang wartawn wajib berorganisasi pers. Tentunya organisasi yang dimaksud adalah organisasi Pers yang telah lolos verifikasi dan merupakan Konstituen Dewan Pers.

"Dengan tergabung dalam organisasi yang telah terverifikasi Dewan Pers, selain wartawan itu terlindungi, insan pers tersebut juga mendapatkan standarisasi pemahaman pers di Indonesia," kata Avhes.

Standarisasi pemahaman tentang pers akan teruji pada Uji Kompetensi Wartawan dari Dewan Pers

"UKW adalah proses formal bagi insan pers.
Dengan UKW, seorang Jurnalist didalam berprofesi, jelas mereka telah teruji," imbuhnya.

Tambahnya lagi. Seorang Jurnalist yang telah menempuh tahapan UKW, diyakini dapat melakukan tugas jurnalistiknya berpedoman kepada peraturan-peraturan yang berlaku, baik itu perundang-undangan yang mengatur tentang tugas-tugas pokok kejurnalistikan maupun peraturan-peraturan lainnya termasuk peraturan Dewan Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

"Seorang Jurnalist yang telah menempuh UKW dan telah dinyatakan sebagai wartawan kompeten oleh Dewan Pers, selain kualitas produk jurnalistiknya dapat di pertanggung jawabkan, dalam menjalankan tugas dan fungsinya juga diyakini, mereka akan menghindari praktik-praktik yang menyalahi aturan," tegas Avhes.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar