Tanki Produksi RU VI Balongan Meledak, Udara Disekitar Berasa Panas Diduga Imbasnya

Tanki Produksi RU VI Balongan Meledak, Udara Disekitar Berasa Panas Diduga Imbasnya Ismet spn

SINAR PAGI NEWS,INDRAMAYU -  Tanki produksi pengolahan minyak RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, meledak dan terbakar, Senin, (29/3/2021)pukul 01.00 wib. Cuaca menjadi panas dan ratusan hektar tambak ikan diduga terkena imbas atas kejadian ini.

Kejadian ledakan tersebut sontak membuat warga masyarakat di wilayah ring 1 RU VI Balongan berhamburan keluar rumah untuk berjaga - jaga dikhawatirkan akan berdampak pada lingkungan sekitar kilang.

Lokasi ledakan yang dekat dengan permukiman warga Desa Sukaurip Blok Wismajati tersebut membuat panik warga dan berhamburan mengasingkan diri, sementara luapan api tak dapat dikendalikan.

Hingga senin (29/3/2021) siang, api masih belum padam kepulan asap hitam masih menjulang pekat ke udara, selain udara sekitar berasa panas dan debu berwarna hitam juga berjatuhan menempel ke atap rumah warga diduga akibat dampak dari kejadian ini.

Pantauan di desa Tambak kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu Jawa Barat, yang jaraknya sekitar 12 KM dari lokasi kejadian, terpantau banyak kolam ikan milik petani tambak warga setempat berwarna hitam pekat, selain itu Nampak debu berwarna hitam menempel di lingkungan rumah warga.

“Ya semalam kita sempat panik melihat dari sini, suara ledakan terus menerus terdengar beberapa kali api juga Nampak menjulang menyala besar, bahkan, debu hitam bercampur minyak berasa berjatuhan diatas genteng juga, dan dari semalam kita merasakan udara berasa panas, semoga apinya segera dapat di padamkan.” Tutur Yayah (43). warga desa Tambak, Kec./Kab. Indramayu Jawa Barat. Senin (29/3/2021).

Informasi yang diperoleh menyebutkan, kejadian tersebut bermula saat gemuruh halilintar menyambar begitu kencang menyebabkan jendela rumah radius 3 kilo meter dari tempat kejadian meledaknya Tanki produksi tersebut bergatar kuat dibarengi ledakan maha dahsyat. Seketika itu juga, warga masyarakat Kecamatan Balongan berhamburan dan menyiarkan jika RU VI Balongan meledak.

"Yang meledak Tanki Produksi milik RU VI Balongan," kata Unit Manager Communication, Relation & CSR RU VI Cecep Supriyatna, saat dikonfirmasi awak media.

Hingga berita ini ditulis, belum ada kepastian korban jiwa akibat peristiwa tersebut, sementara kobaran api sudah berlangsung sejak semalam dan masih belum dapat dipadamkan.

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar