Kantor Balai Nikah Dan Manasik Haji KUA Diresmikan

Kantor Balai Nikah Dan Manasik Haji KUA Diresmikan Markus Sitanggang

PURWAKARTA,- Kepala Kantor Kemenag Purwakarta H. Munawir Sulaiman meresmikan Kantor Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) di Desa Cipinang, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Kamis (8/4/2021).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Purwakarta H. Munawir Sulaiman menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peresmian gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama di Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta sebagai bentuk fungsi pelayanan kepada umat.

“Atas nama pribadi dan pemerintahan saya mengapresiasi atas peresmian penggunaan gedung balai nikah dan manasik haji, sebagai bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan umat pada umumnya,”ucapnya.

Menurutnya, Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan ujung tombak pemerintah dalam melayani masyarakat terutama pelayanan di bidang keagamaan, baik urusan pernikahan, layanan haji maupun penyuluhan agama.

“Ini merupakan pondasi awal di kabupaten Purwakarta, mudah mudahan peresmian balai nikah dan manasik haji KUA ini bisa berkembang di kecamatan- Kecamatan lainnya di Kabupaten Purwakarta".

Sesuai dengan Tema Spirit Ramadan dalam membangun lima Budaya kerja, Tentunya mengacu pada sunnatullah, dimana dalam rangka mapag (memyambut) Ramadan. Pertama di sunatkan untuk puasa sunah sebagai pelatihan diri,,

Kedua mempersiapkan diri dan Ketiga mengucapcan selamat Marhaban Ya Ramadan, tambah Kemenag “Barang siapa yang merasa bahagia dan mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci ramadan maka di haramkan api neraka baginya kata Rasulallah,”Imbuhnya

Ia menambahkan, dalam Rakernas kepala KUA mengusung tema Transformasi Layananan Publik dan dalam Komisinya mengusung Tema Repitalisasi KUA. “Repitalisasi KUA Ini penting karena bagaimana pun KUA hadir di tengah masyarakat dan harus mampu menjawab tantangan zaman, mulai dari aspek layanan publik yang berkaitan dengan usia.

Aturan Undang-Undang regulasi perkawinan yaitu minimal 19 tahun untuk seorang perempuan dan 21 tahu untuk laki laki.”tuturnya

Ketika usia pernikahan sudah dewasa insaa allah akan terbangun keluarga yang betul betul berkualitas Seringnya terjadi percerain, karena mereka menikah di usia dini, tingkat emosinal nya masih tinggi tingkat pengendalian nya masih rendah.

Ia juga berharap Mudah-Mudahan dengan hadirnya regulasi pernikahan yang baru bisa meminimalisir angka perceraian, Karena bagaiamanupun KUA melayani masyarakat di bidang ketahanan keluarga.

“Ketika kaluarga kita semua sakinah, mawadah warohmah dan utuh insaa allah negeri kita juga akan utuh. Karena pilar utama membangun sebuah bangsa, membangun sebuah wilayah yang baik itu terletak pada ketahanan keluarga.

Kepala KUA Kecamatan Cibatu H. Muhammad mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir dalam peresmian Kantor Urusan Agama.

“Saya merasa bangga atas di resmikan gedung balai nikah dan manasik haji KUA Ini. Karena ini adalah kunci keberhasilan NKRI ke depan, atas kebersamaan, persatuan dan koalisi dari pemerintahan dan dari berbagai pihak.(Ms)

Editor: Markus Sitanggang

Bagikan melalui:

Komentar