BPBD Kabupaten Sumedang Mengelar Simulasi Penanggulangan Bencana Alam

BPBD Kabupaten Sumedang Mengelar Simulasi Penanggulangan Bencana Alam Doglas Bali

SINAR PAGI NEWS, SUMEDANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang menggelar simulasi penanggulangan bencana alam di Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan, Senin (26/4/2021). Simulasi ini digelar dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional. Dalam simulasi itu digambarkan wilayah Desa Citengah diguncang bencana gempa bumi.

Petugas BPBD kemudian berupaya mengevakuasi warga menggunakan peralatan penyelemat ke tempat yang lebih aman. "Pada intinya HKB Nasional ini kan momentum bagi kami untuk meng-create agar masyarakat bisa lebih peduli terhadap potensi bencana di sekitarnya," kata Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang, Yanuarti Kania Dewi saat meninjau langsung simulasi.

Dengan simulasi ini, kata dia, diharapkan pihaknya bisa mentransfer ilmu kepada masyarakat, sehingga bisa tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana. "Kami beri edukasi sederhana, apakah mereka membangun rumah di bantaran sungai atau tidak. Kalau hal kecil seperti itu bisa dilakukan kita transfer ilmu, mudah-mudahan masyarakat jadi siap siaga dalam mencegah bencana," katanya.

Menurutnya, kepedulian masyarakat Sumedang terhadap potensi bencana harus terus diingatkan secara kontinyu, dari mulai tingkat RT, RW, desa, kecamatan hingga kabupaten. "Sebetulnya kami juga selalu lakukan sosialisasi meskipun tidak secara formal, mengingat Sumedang merupakan wilayah rawan bencana," katanya.(spn/smd).

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar