City Car Si Kutu Yang Gesit

Hal Unik Yang Perlu Diketahui Pemilik Kia Visto, Kelebihan dan Kekurangan

Hal Unik Yang Perlu Diketahui Pemilik Kia Visto, Kelebihan dan Kekurangan Asep Ruslan Tampak Depan Kia Visto Zip Drive AT 2002 (Foto: Asep Ruslan)

Mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan dari mobil yang akan dibeli merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk mengetahui lebih banyak mobil tersebut dan sekaligus juga menjadi bahan pertimbangan.

SINAR PAGI NEWS, KOTA BANDUNG - Kendaraan roda empat atau mobil saat ini memang banyak dibutuhkan dalam mendukung kelancaran di dalam transportasi. Membeli kendaraan yang berupa mobil memang tidak sama dengan membeli sebuah motor, banyak hal yang harus diperhatikan sebelum kita membeli sebuah kendaraan yang berupa mobil.

Untuk anda yang ingin membeli mobil Kia Visto, maka sebaiknya anda harus tahu mengenai spesifikasi dan juga kelebihan yang dimiliki oleh mobil jenis ini.

Kia Visto merupakan city car asal Korea Selatan yang memulai debutnya awal tahun 2000-an dan menjadi salah satu produk otomotif yang cukup dilirik di Indonesia.

Kia adalah akronim dari Korean International Automotive atau Korean industrial Autocar yang dalam bahasa Korea artinya "terbit di Asia". Kia awalnya memproduksi truk roda tiga dan truk kecil. Kia juga dikenal sebagai produsen sepeda pertama di negeri tersebut. Pada tahun 1962 Kia mulai memproduksi sedan pertamanya dan mengalami kebangkrutan pada tahun 1998 lalu bangkit kembali setelah sahamnya dibeli oleh Hyundai Motors.

Kia pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1999 bekerjasama dengan Kia Mobil Indonesia sebagai agen tunggal pemegang mereknya. Mobil penumpang pertama yang dirilis adalah Kia Sephia yang di rebadge menjadi mobil nasional Timor S515.

Kia Visto sebenarnya sudah ada sejak 1997 namun baru masuk ke Indonesia pada tahun 2000. Kia Visto adalah kembaran dari Hyundai Atoz seperti halnya duet Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sekarang. Spesifikasi yang ada dalam kedua mobil tersebut hampir sama semua kecuali di bagian desain eksterior.

Model awal Kia Visto ini hadir dalam tipe Que saja. Ciri khas dari Visto Que ini adalah grill depannya yang berbentuk vertikal dan memakai lampu dengan meterial plastik yakni menciptakan lampu visto ini sedikit buram kalau terlalu lama. Pada tahun 2002-2003, muncul pengganti Visto Que dengan nama Visto Zip Drive (manual dan otomatis).

Visto Zip Drive ini mengalami perubahan berupa grill yang sekarang berbentuk horisontal serta lampu depan yang memakai model diamond cut memakai lampu dengan jenis material kristal sehingga memuat tampilan lebih mewah dan sporty, ada spoiler belakang dan terdapat emblem zip drive. Tidak hanya itu, bagian kaki- kaki seperti pelek cisa variasi ukuran 14 inci dengan rem cakram berventilasi juga menjadi pembeda dari generasi sebelumnya.

Kia Visto pada tahun 2004 akhirnya berhenti produksi dikarenakan popularitasnya mulai meredup seiring berkembangnya produksi mobil-mobil baru yang lebih sporty dan Kia Visto digantikan Kia Picanto Cosmo.

Kelebihan Kia Visto

1. Dimensi Kia Visto

Berkat dimensinya yang mungil Kia Visto banyak sekali diuntungkan terutama jika berkendara di dalam kota. Dengan bodinya yang mungil itu mempermudah akselerasi untuk bergerak lebih lincah dalam menembus kemacetan jalan. Kelebihan lain dari dimensi Kia Visto yang mungil adalah tidak perlunya lahan yang luas untuk parkir.

2. Kapasitas Mesin

Walaupun desainnya yang mungil tapi balutan mesin pada Kia Visto cukup besar yaitu 1000cc dengan 4 silinder dan 12 katup. Dengan bekalan mesin sebesar itu mampu membawa Kia Visto melaju sampai kecepatan maksimal 55hp. Kecepatan yang cukup besar untuk sebuah city car dengan desain yang mungil.

Mesin Kia Visto Zip Drive AT 2002 (Foto: Asep Ruslan)

3. Handling

Handling pada Kia Visto juga terbilang cukup presisi. Handling presisi itu mampu membawa Kia Visto mencapai kecepatan tinggi dengan stabil. Walaupun akan terasa sedikit limbung atau goyang tapi dengan handling yang presisi tadi kestabilan saat berkendara masih bisa dikendalikan.

4. Mesin Injeksi

Pada Kia Visto jenis mesin yang digunakan sebenarnya sudah cukup modern karena sudah menggunakan teknologi mesin injeksi. Dengan penggunaan mesin jenis ini penggunaan bahan bakar pada kendaraan akan menjadi lebih irit. Konsumsi BBM yang dibutuhkan adalah kisaran 1 liter untuk 14-16 kilometer pada perjalanan dalam kota.

5. Fitur dan Interior Kia Visto

Kia Visto mempunyai tampilan lebar dibandingkan dengan kendaraan roda empat pada kelasnya dengan dashboard yang unik. Fitur yang dimiliki Kia Visto ini cukup ajaib untuk city car dijamannya. Mobil ini sudah dilengkapi dengan AC, Heater, Rear Defogger, Power Steering dan Power Window. Meski begitu, untuk membuka jendela belakang masih memakai engkol dan pelipatan spion masih manual. Untuk keselamatan hanya ada sabuk pengaman dan rem depan cakram serta belakang teromol.

Dashboard Kia Visto Zip Drive AT 2002 (Foto: Asep Ruslan)

6. Sun Visor Bisa Digeser ke Samping

Sun visor atau papan anti silau pada bagian atas depan pengemudi atau penumpang depan. Pada Kia Visto tidak hanya bisa dilipat ke depan, tapi juga bisa dilipat ke sisi samping jika sinar matahari datang dari arah jendela.

7. Child Door Lock Pada Pintu

Kia Visto sudah dilengkapi Child door lock adalah kunci pada pintu baris kedua, agar tidak bisa dibuka dari dalam tapi bisa dibuka dari luar. Child door lock merupakan fitur keselamatan yang hampir ada pada semua mobil terbaru dan berfungsi agar saat mobil dikendarai, anak-anak pada kabin belakang tidak bisa membuka pintu, sehingga terhindar dari kecelakaan.

8. Washer Kaca Belakang

Kaca belakang Kia Visto sudah dilengkapi wiper yang berguna saat hujan atau saat kaca belakang terlihat kotor. Saat tidak hujan, wiper tetap bisa diaktifkan dengan mengaktifkan washer, yaitu semburan air seperti layaknya pada kaca depan.

Tampak Belakang Kia Visto Zip Drive AT 2002 (Foto: Asep Ruslan)

9. Harga Bekas Terjangkau

Selain daripada itu harga yang ditawarkan untuk Kia Visto juga cukup terjangkau. Tak perlu mengocek terlalu dalam untuk dapat memiliki varian tertinggi dari Kia Visto type ZipDrive cukup dengan Rp.55 juta saja Anda sudah dapat memiliki mobil ini.

Kekurangan Kia Visto

1. Kaki-kaki Ringkih

Kekurangan pertama yang ada pada Kia Visto adalah pada bagian kaki-kakinya yang ringkih seperti yang ditunjukkan juga oleh kembarannya Hyundai Atoz.

Pada bagian ini perlu perawatan yang ekstra jika penggunaannya pada jarak yang cukup jauh atau seringkali keluar kota. Tapi jika penggunaannya masih di dalam kota, maka pengecekan pada bagian ini tidak perlu lebih ekstra tapi tetap harus jadi perhatian.

2. Bantingan Suspensi Keras

Kekurangan berikutnya pada KIA Visto adalah bantingan suspensi yang cukup keras. Jenis suspensi yang digunakan sama dengan yang dipasangkan pada Hyundai Atoz tapi berbeda dalam segi kualitas khususnya jika terjadi hentakan.

3. Penggunaan BBM Khusus

Pada Kia Visto penggunaan BBM sedikit lebih spesifik dari mobil lainnya karena harus menggunakan BBM jenis Pertamax. BBM jenis ini dinilai sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan performa mesin Kia Visto.

4. Tarikan Lemah Saat AC Dihidupkan

Performa mesin yang berkurang saat AC dihidupkan bisa jadi kendala yang harus diperhatikan saat anda terburu-buru untuk berkendara. Tapi sebenarnya ini masalah umum yang tidak hanya dialami oleh Visto tapi juga pada beberapa city car lainnya.

5. Material Dashboard Jelek dan Bergetar

Material dashboard yang di gunakan mempunyai kualitas yang jelek, dimana dasboard kendaraan beroda empat ini gampang sekali melengkung bila sering terkena sinar matahari dengan terus menerus dan juga bila perawatannya kurang. Mempunyai getaran yang berlebih ketika mesin berada di ketinggian putaran, sehingga bunyi ini sangat mengganggu ketika perjalanan jauh.

6. Bagasi Belakang Sempit

Bagasi belakangnya Kia Visto sempit berbeda dengan Hyundai Atoz yang datar, Kia Visto bentuk belakangnya agak melengkung.

Bagasi yang sempit Kia Visto Zip Drive AT 2002 (Foto: Asep Ruslan)

Spesifikasi Kia Visto

Kapasitas Mesin

  1. Tipe Mesin Epsilon G4HC 1.0 SOHC
  2. Kapasitas Silinder 1000cc
  3. Power Maksimal 55 HP @5.500 RPM
  4. Torsi Maksimal 82 Nm @3.100 RPM
  5. Bore x stroke 66 mm x 73 mm

Ukuran

  1. P x L x T 3.595 x 1.595 x 1.480 mm
  2. Jarak Sumbu Roda 2.385 mm
  3. Rear Overhang –
  4. Kapasitas Tangki Bahan Bakar 30 L
  5. Suspensi Depan MacPherson Strut
  6. Suspensi Belakang torsion beam axle
  7. Ban/Velg 13-14
  8. Rem Depan Disc
  9. Rem Belakang Drum

Tampak Samping Kia Visto Zip Drive AT 2002 (Foto: Asep Ruslan)

Kesimpulan

Kia Visto bisa menjadi salah satu opsi dalam memilih kendaraan terutama untuk diperkotaan. Desainnya yang mungil sangat gesit untuk berakselerasi ditengah padatnya kendaraan bermotor di tengah kota.

Walaupun harus menggunakan bahan bakar yang sangat spesifik tapi demi performa mesin yang lebih baik sepertinya aspek tersebut menjadi berimbang. Kapasitas mesin yang cukup besar juga memungkinkan Kia Visto melaju dengan kecepatan maksimal walaupun akan sedikit berkurang jika anda menghidupkan AC.

Semoga informasi ini berguna bagi para pecinta city car Kia Visto atau "Si Kutu" sebutan dari KIA VISTO CLUB INDONESIA (KVCI) dan VISTO ATOZ COMMUNITY (VACt) yang merupakan Komunitas Penggemar Mobil Visto dan Atoz yang cukup dikenal di Indonesia. Juga khususnya bagi yang baru saja memilikinya atau yang baru berencana membeli mobil Kia Visto.

Sampaikan saran dan tambahan informasi yang sobat punya tentang Si Kutu dengan berbagi di kolom komentar artikel ini.

 

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar