Gubernur Jawa Timur Serahkan Sebanyak 39 Unit Kendaraan Roda Dua untuk Tagana

Gubernur Jawa Timur Serahkan Sebanyak 39 Unit Kendaraan Roda Dua untuk Tagana Dok

SINARPAGINEWS, JATIM - Taruna Siaga Bencana (Tagana) selalu menjadi frontliner dalam memberikan pelayanan pada masyarakat yang terdampak bencana baik bencana alam maupun bencana sosial, serta bencana kedaruratan lainnya, hal ini disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menyerahkan sebanyak 39 kendaraan roda dua untuk Tagana di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (10/5/2021).

Gubernur Khofifah mengatakan, Tagana selalu menjadi kebanggaan bersama, dan selalu bersemangat dalam melaksanakan tugas. "Disetiap titik bencana, Tagana selalu terdepan. Saat saya dulu sebagai pembina Tagana Nasional, saya minta Tagana selama enam jam berada di tempat bencana, dan itu mereka sanggupi. Luar biasa. Titik dapur umum yang dibuka juga luar biasa," katanya.

Disampaikan juga ucapan terimakasih karena Tagana telah memberikan dedikasi yang luar biasa. "Tagana ini relawan dan bukan pegawai, selain itu tunjangannya diberikan enam bulan sekali, dan nilainya juga kecil. Tetapi Tagana tetap memberikan semangat yang luar biasa, kerelawannya sudah sangat tangguh," tandasnya.

Khofifah mengatakan, penyerahan sepeda motor buat Tagana karena sepeda motor alat tansportasi yang paling memungkinkan Tagana menembus titik-titik bencana yang tidak bisa dijangkau mobil, maka diperlukan sepeda motor dalam memberikan percepatan proses penjangkauan. Dengan kecepatan itu menjadi bagian yang penting, supaya juga bisa melakukan percepatan pelayanan," katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinsos Jatim, Dr Alwi MHum mengatakan, diserahkannya 39 sepeda motor untuk Tagana merupakan atensi dari Gubernur Jatim agar kinerja Tagana di lapangan lebih cepat dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

"Tentunya jika ada sarana motor akan lebih sigap dan tanggap. Itu sesuai dengan keinginan ibu gubernur agar kita kerjanya cepat dan tepat. Saya yakin teman-teman relawan memahami tujuan penyerahan sarana ini,” kata Alwi.

Alwi berharap, adanya bantuan motor tersebut agar dimanfaatkan dengan baik dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. "Jangan lupa sepeda motor harus dirawat dengan sungguh sungguh," ujarnya.

Sementara Koordinator Tagana Jatim, Twi Adi menyampaikan segenap Tagana di Jatim berterimakasih pada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang telah memberikan perhatian, diantaranya diserahkannya sepeda motor menunjang untuk pelaksanaan tugas dilapangan dan diberikannya intensif tunjangan.

"Adanya bantuan itu, maka Tagana siap untuk meningkatkan kinerja agar lebih giat lagi dan lebih aktif lagi dalam penanggulangan bencana, baik pra bencana, pada saat bencana, maupun paska bencana. Semua yang diberikan Gubernur pada Tagana, untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Sekedar diketahui, bantuan sepeda motor diserahkan kepada koordinator Tagana Jatim dan 38 koordinator Tagana Kabupaten/Kota, sedangkan 1 sepeda motor diserahkan kepada koordinator Tagana Jatim. "Nantinya motor dipusatkan di posko masing-masing Tagana untuk bisa menunjang pelaksanaan tugas," kata Twi Adi (spn/her/n).

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar