Memilih Tempat Makan yang Aman Untuk Kesehatan Keluarga

Memilih Tempat Makan yang Aman Untuk Kesehatan Keluarga

Membawa bekal dari rumah merupakan salah satu kewajiban bagi sebagian orang, saat harus berpergian dan beraktivitas di luar rumah. Cara ini dilakukan untuk menjaga kebersihan makanan, dan menghindari kebiasaan jajan yang kurang baik untuk anak-anak.

Akan tetapi saat menyiapkan bekal tentunya Anda membutuhkan kotak makan yang sudah mengikuti aturan keamanan pangan. Apa saja itu? yuk mari kita simak ulasannya bersama.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih kotak ramah lingkungan, dalam artian Anda disarankan untuk memilih container yang ramah lingkungan. Dengan mengambil langkah sederhana ini merupakan cara yang baik jika dibandingkan menggunakan kantong plastik sekali pakai.

Pertanyaan yang biasa timbul adalah, bagaimana jika ingin menampung berbagai makanan dalam satu wadah yang sama. Maka jawabannya adalah gunakan kotak bekal dengan sekat berukuran sedang. Dengan tempat ini Anda dapat menampung segala sesuatu mulai dari sandwich hingga buah.

Selain itu gunakan wadah plastik dengan tutup, maupun tas yang dapat menahan suhu makanan tersebut. Kedua opsi ini dapat membantu Anda untuk mengurangi pemborosan dan dapat menghemat uang seiring berjalannya waktu.

Kedua gunakan bahan yang telah teruji keamananya. Untuk memastikan keamanan ini perhatikan simbol-simbol yang ada pada tempat makan tersebut, apakah cukup baik digunakan untuk panas atau sedang.

Kenali juga tanda angka yang tertera, misalnya:

Angka 1: PETE atau PET (Poly Ethylene Terephthalate)

Angka 2: HDPE (High Density Polyethylene

Angka 3: V atau PVC (Polyvinyl Chloride)

Angka 4: LDPE (Low Density Polyethylene)

Angka 5: PP (Polypropylene)

Angka 6: PS (Polystyrene)

Angka 7: Variasi

Dari angka di atas menunjukan RIC (Resin Identification Code), yang merupakan sekumpulan kode pada plastik tertentu. Wajib dicantumkan pada kemasan plastik, dan menjadi penanda kemasan plastik yang tepat bagi keseharian

Tips Perawatan & Kebersihan

Jangan membiarkan kotak makan terlalu lama direndam, ada baiknya langsung membersihkannya. Namun jika sulit untuk membersihkannya maka lap wadah dengan kain lembab dan air hangat yang dicampur dengan sabun lembut.

Seorang ahli kesehatan dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Sarah Krieger mengatakan untuk membiarkan wadah benar benar kering sebelum mengemas makanan ke dalamnya.

Pertimbangkan juga untuk menyiapkan makanan yang tidak cepat rusak, pasalnya wadah Anda tidak bisa digunakan lebih dari dua jam kecuali dengan kantong khusus. Krieger juga tidak merekomendasikan roti daging untuk makan siang, maupun makanan lainnya seperti telur dan bahan lainnya yang mudah rusak.

Kedua pastikan untuk memilih kotak makan siang, carilah wadah yang dapat menjaga makanan tetap dingin. Jika ingin membawa dengan jumlah yang besar, cobalah untuk mempertimbangkan ukuran besar atau wadah kedap udara yang dapat membuat roti atau camilan.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah, jika Anda telah membuat makanan pada malam sebelumnya maka jagalah untuk tetap dingin. Pasalnya makanan yang dingin, seperti jus beku atau makanan cepat saji, dapat mudah rusak jika berada pada luar ruangan.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah buang sisa makanan setiap hari secara teratur, jangan membiarkannya terlalu lama karena dapat menimbulkan bakteri yang dapat menyebabkan keracunan. Pastikan untuk mencucinya dan kering sebelum disimpan kembali.

Setelah mengetahui hal-hal di atas perhatikan untuk membeli wadah makanan pada platform yang tepat seperti Ruparupa, yang menyediakan wadah berkualitas tapi juga aman digunakan pada waktu yang lama.

Percayakan semua pada Ruparupa yang merupakan official online store Ace hardware, Informa serta Toys Kingdom yang merupakan brand Kawan Lama. Nikmati juga promo terbaru dengan melakukan belanja online pada platform ini. Lengkapi semua kebutuhan Anda sekarang juga.

 

 

 

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar