Pemkab Cilacap dan Banyumas Jalin Kerjasama Pelaksanaan PPKM Darurat

Pemkab Cilacap dan Banyumas Jalin Kerjasama Pelaksanaan PPKM Darurat Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama Pemerintah Kabupaten Banyumas menyepakati sejumlah upaya percepatan penanganan Covid-19, dalam masa PPKM Darurat. Kesepakatan tersebut dicapai setelah Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berdiskusi dengan Bupati Banyumas Achmad Husein, di Komplek Bulog, Desa Cindaga, Kabupaten Banyumas, Jumat (9/7/2021).

Tiga hal yang menjadi poin utama, yakni kerjasama personil dalam penyekatan mobilitas masyarakat di wilayah perbatasan, kerjasama pemerataan pemanfaatan tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy ratio (BOR), dan pemenuhan kebutuhan tabung oksigen bagi pasien Covid-19.

“PPKM Darurat untuk menyelamatkan masyarakat. Maka ada kesepakatan terkait penyekatan, BOR, termasuk maslaah ekonomi. Kesepakatan ini akan dituangkan dalam perjanjian kerjasama (PKS) dan akan diberlakukan supaya sukses dalam PPKM Darurat”, kata Bupati Tatto.

Ditambahkan, upaya penegakan disiplin selama PPKM Darurat harus didukung segenap aparatur pemerintahan hingga tingkat desa. Tatto bahkan menegaskan akan memberikan sanksi kepada Camat dan pemerintah desa di jajarannya, apabila kedapatan melanggar atau mengendorkan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan.

Bupati Banyumas, Achmad Husein menjelaskan, secara prinsip kerjasama antara masyarakat Cilacap dan banyumas dalam PPKM telah berjalan. Adapun diskusi yang dilakukan kali ini merupakan penajaman terhadap beberapa hal pokok.

“Ketiga hal tersebut, karena ada MoU antara Banyumas dengan Cilacap nanti lebih detail lagi yaitu dalam PKS antara Bupati dengan Bupati, dan ditindaklanjuti antara dinas dengan dinas terkait”, kata Achmad Husein.

Dalam kunjungan ini, Bupati Cilacap didampingi Forkopimda yakni Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P, Kapolres Cilacap Kapolres Cilacap AKBP Dr. Leganek Mawardi, S.H., S.I.K., M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Timotius Tri Ari Mulyanto, S.H., M.H, dan Sekda Kabupaten Cilacap Drs. Farid Maruf, MM.

Sebelumnya, Bupati bersama rombongan melakukan pemantauan pelaksanaan PPKM Darurat di wilayah Kecamatan Sampang. Bupati juga mengecek kesiapan tenaga medis dan berbagai hal teknis penanganan Covid-19.(spn/dn)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar