ADRI Jateng Gelar Rakerda Secara Daring Dan Luring

ADRI Jateng Gelar Rakerda Secara Daring Dan Luring Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Perkumpulan Ahli Dosen Republik Indonesia (ADRI) Jawa Tengah (Jateng) melaksanakan agenda RAKERDA (Rapat Kerja Daerah) yang dilaksanakan dengan Daring (Aplikasi virtual zoom meeting dan live youtube) dan Luring (Pesona Hotel), Sabtu (10/7).

Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh anggota ADRI JATENG. Kegiatan Rakerda di mulai dari pukul 08.30 sampai 16.00. Pelaksanaan RAKERDA tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya karena kegiatan RAKERDA tahun ini lebih komprehensif dari segi kualitas dan kuantitas karena RAKERDA tahun ini terdiri dari Rapat kerja dari berbagai devisi dan Aplikasi langsung Program Kerja beberapa devisi dalam satu hari yang bersamaan. Walaupun di laksanakan semi daring dan luring tetap mematuhi protokol Kesehatan.

Devisi Kerjasama menyelenggarakan Lol SIGNING with IKMAS UNIVERSITY KEBANGSAAN MALAYSIA (UKM) and WORKSHOP ON DESIGNING AND IMPLEMENTING HIGH IMPACT RESEARCH AND PUBLICATION.

Selanjutnya di lanjutkan MoU ADRI JATENG with MILI INSTITUTE OF HIGHER EDUCATION AFGANISTAN, RAJAMMANGGALA UNIVERSITY OF TECHNOLOGY PHRA NAKHON THAILAND, THAI GLOBAL BUSISESS ADMINISTRATION COLLEGE THAILAND, SIAM TECHNOLOGY COLLEGE THAILAND. Kegiatan MoU dan Lol SIGNING serta workshop ini di hadiri oleh perwakilan dari masing masing Universitas di Jateng dan Pengurus ADRI sekitar 65 partisipant dari ADRI JATENG serta narasumber dari luar negeri.

Menariknya di ikuti juga oleh Perguruan Tinggi di luar ADRI Jateng.
Speakers dari MoU, Lol n Workshop acara ini terdiri dari 1 Dr.Achmad Fatoni Rodli (Presiden of ADRI Indonesia) 2 Dr. Taufiqullah. M.Hum (Head of ADRI Central Java) 3. Prof. Sufian Jusoh (Director IKMAS Universiti Kebangsaan Malaysia) 4. Dr.Prattana Sirsuk (Thai Global Bussiness Administration Teechnological college, Thailand) 5. Dr.Gumpon Supasettyasa ( Director of InternationalAffairsat Rajamanggala University of Technology Phra Nakhom Thailand) 6 Dr.Sadaqat Yaqubi (Mili Institute of Highher Education, Afghanistan) Assistant Professor Pornphisud Mongkhovanit (President of Technology college, Thailand).

Devisi yang ke dua Devisi Kedharmaan menyelenggarakan Workshop Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan Daring mulai pukul 10.00 sampai 12.00 jumlah peserta sekitar 320 dari anggota ADRI dan di luar anggota ADRI. Speakers dalam acara ini 1. Uyi Sulaiman,S.Si.,M.Si., Ph.D (Dosen FMIPA KIMIA UNSOED (strategi Lolos Hibah Penelitian Kemendikbud) 2. Dr. Sutarmin,S.Si.,M.Si (KADIV Kedharmaaan PT ADRI JATENG (Strategi Lolos Hibah Pengabdian Kemdikbudristek).

Acara ini sangat menarik karena merupakan kebutuhan dan kewajiban dosen untuk menjalankan TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI dalam meningkatkan karirnya di masa mendatang, Nampak peserta sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut.(strategi Lolos Hibah Pengabdian Kemdikbudristek).

Devisi yang ke tiga Devisi Publikasi ilmiah dan jurnal, menyelenggarakan Workshop Penulisan Artikel Jurnal Internasional Terindeks Scopus kegiatan ini di mulai dari pukul 13.00 sampai 16.00 dilakukan dengan daring yang dikuti 290 peserta dari anggota ADRI dan di luar anggota ADRI. Speakers dalam acara ini 1. Dr.Rr.M.I. Retno Susilorini, S.T.M.T (Dosen Unika Soegijapranata Semarang (Novelity and State of the Art-Strategic Aspect of Outstanding Journal Article) 1 Dr.H. Abdurahman Kasdi. Lc,MSi (Direktur Pascasarjana IAIN Kudus/ Kadiv. Publikasi Ilmiah &Jurnal Adri Jateng Starategy Publikasi Karya Ilmiah pada Jurnal Internasional.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis artikel agar bisa di publikasikan pada jurnal internasional.
Untuk devisi-devisi yang lain memaparkan program kerja masing masing devisi yang akan dilakukan selama 1 periode kedepan.

Dalam sambutanya Ketua ADRI JATENG Dr. Taufiqullah. M.Hum mengatakan,” Sebagai organisasi dosen, dalam kegiatan hari ini, 10 Juli 2021, ADRI Jawa Tengah memfasilitasi perguruan tinggi untuk melakukan kerjasama internasional dengan 5 PT ( rincian terlampir) , diharapkan melalui impelemntasi program MoU, kampus mampu untuk meningkatkan status akreditasi, merealisasikan program MBKM, juga go internasional.

Disamping itu, ADRI Jateng juga memfasilitasi para dosen untuk mengikuti 2 workshop series, dengan harapan dosen mampu mendapatkan tips dan strategi untuk mendapatkan dana hibah penelitian dan penmas dari luar kampus, baik dari Kemdikbudristek atau yang lainya, juga meningkatkan publikasi ilmiah nya pada jurnal internasional terindeks”.(hid/fit).

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar