Provinsi Bangka Belitung Dapat Tambahan Kuota Rekrutmen Bintara Polri

Provinsi Bangka Belitung Dapat Tambahan Kuota Rekrutmen Bintara Polri Dok

PANGKALPINANG - Kabar gembira bagi pemuda-pemudi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang ingin mengabdi sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Pasalnya, terdapat penambahan kuota rekrutmen bintara sebanyak 50 orang untuk Kepolisian Daerah (Polda) Babel.

Dengan rincian, untuk Pemprov. Babel 10 bintara, Kabupaten Bangka Selatan 10 bintara, Kota Pangkalpinang 5 bintara, Kabupaten Bangka Tengah 5 bintara, Kabupaten Bangka Barat 5 bintara, Kabupaten Bangka 5 bintara, Kabupaten Belitung 5 bintara, Kabupaten Belitung Timur 5 bintara.

Hal ini disampaikan oleh Kapolda Babel, Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat pada acara penandatanganan nota kesepahaman penerimaan Bintara Polri bersumber dari dana hibah Pemerintah Kabupaten/Kota se-Babel di Ruang Menumbing Polda Babel pada Kamis, (15/07/2021).

Kepastian tersebut dikuatkan melalui penandatangan nota kesepahaman antara Gubernur Erzaldi dan Kapolda Anang Syarif Hidayat.

Dalam nota kesepahaman tersebut, disepakati rencana kerja dukungan penambahan anggaran penerimaan bintara Polri tahun anggaran 2021 di lingkungan Polda Babel.

Gubernur dalam kesempatan tersebut menyambut baik atas penambahan kuota bintara Polri di Babel. Hal ini harus mendapat dukungan, maka Pemprov. Babel beserta pemkab/pemkot akan membantu pendanaan proses seleksi tersebut.

Selain itu, dengan naiknya Polda Babel dari tipe B ke tipe A, di mana hal itu berdasar pada kenaikan jumlah penduduk yang berimbas kepada pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat dengan berbagai dinamika permasalahan yang harus dihadapi.

"Tentunya dibutuhkan penambahan personil, ditambah data yang baru saya dapat dari pak kapolda bahwa jajaran personil Polda Babel baru terakomodir 43%," jelasnya.

Sehingga dengan penambahan kuota rekrutmen Bintara ini, gubernur berharap ke depan jajaran Polda Babel lebih profesional dalam melayani masyarakat.

Sementara itu, Kapolda Anang menjelaskan bahwa animo masyarakat yang mendaftar bintara Polri periode Maret sampai Juli 2021 cukup besar, dengan kuota 218 orang, sementara yang mendaftar 1.854 orang.

Jenderal bintang dua tersebut mengatakan, di samping Polda Babel, ada 3 Polda lain yang mendapat penambahan kuota, yakni Polda Kalimantan Selatan, Polda Sumatera Selatan, dan Polda Jawa Timur.

"Saya haturkan terima kasih kepada Pemda di Babel, mudah-mudahan kerja sama ini terus berlanjut. Pemda cukup siapkan dana hanya biaya seleksinya," ungkapnya.

Acara ini diturut dihadiri Wakapolda Babel, Sekda Kota Pangkalpinang mewakili Walikota, serta Bupati dan Kapolres se-Babel secara virtual.(spn/babe)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar