Walikota Bekasi: PPKM Level 4 Diperpanjang, Kota Bekasi Idealnya Masuk Katagori Level 2

Walikota Bekasi: PPKM Level 4 Diperpanjang, Kota Bekasi Idealnya Masuk Katagori Level 2 Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, BEKASI -Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) untuk daerah Jawa - Bali hingga tanggal 9 Agustus 2021.Diketahui wilayah Kota Bekasi masih termasuk ke dalam katagori level 4 dalam kebijakan PPKM tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, bahwa wilayahnya lebih ideal masuk kategori Level 2 dalam penerapan PPKM.

Sebab, terhitung pada pemberlakuan PPKM level 4 sebelumnya sebaran kasus Covid-19 di wilayah Kota Bekasi mulai melandai.

“Kita kan gini, kita itu kenapa level kita level 4, pertama adalah kasus kematian kita tinggi, yang kedua kasus aktifnya masih dianggap tinggi jika perbandingannya per 100.000 penduduk,” kata Pepen panggilan akrabnya, di Stadion Patriot, Selasa (3/8/2021).

Namun sejauh ini, kasus kematian di Kota Bekasi lanjut dia, sudah mengalami penurunan serta angka kasus aktif juga mengalami hal yang sama.

“Kalau kita lihat sudah dalam kondisi seperti ini artinya zona hijau tingkat RT sudah 94 persen, angka kematianya pun juga sudah 1,2 persen, total kesembuhannya 9.4 persen,” jelas dia.

Menurut dia, jika merujuk pada data perkembangan kasus Covid-19 di Kota Bekasi yang mengalami penurunan, tingkat kerawanan level kebijakan PPKM juga sudah sepatutnya diturunkan.

“Kalau di bilang level ya toh kondisi seperti ini, angka kesembuhannya 94 persen, sepertinya ya level 2 itu sudah wajar, gitu, kalau level 4 seolah-seolah kita enggak bergerak,” jelas dia.

Meski begitu, kebijakan PPKM tetap harus menunggu pengumuman Presiden Joko Widodo. Hari ini, dia berharap ada kepastian apakah kebijakan tersebut diperpanjang atau tidak.

“Kita inikan datanya jelas, faktanya jelas, makanya kita sampaikan pada Pak Menkes atas saran dari Pak Gubernur, tolong dibuat pelaporan kepada mereka,” terangnya.

“Kita sudah bikin (laporan), persoalan nanti begitu diperpanjang kita kan belum tau nih diperpanjang atau tidak PPKM level, kita tunggu aja sampai pak presiden mengumumkan,” pungkasnya.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar