Peringatan Hari Bersih Se dunia (WCD), ASOBSI Kab.Tegal Lakukan Pelatihan Eco Enzym dan Edukasi

Peringatan Hari Bersih Se dunia (WCD), ASOBSI Kab.Tegal Lakukan Pelatihan Eco Enzym dan Edukasi Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Puncak Peringatan Hari Bersih Se dunia (WCD) tahun 2021, Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) Kabupaten Tegal lakukan pelatihan pembuatan Eco Enzym Warga Binaan Lapas Kelad IIB Slawi , Edukasi pilah sampah serta penyemprotan Disinfektan Tempat Pembuangan Sampah bertempat di Desa Kambangan Kecamatan Lebaksiu, Jumat (24/9/2021).

Hadir dalam giat World Clean up Day tersebut Kepala Dinas DLH Kabupaten Tegal Muchtar Mawardi, Kalapas Kelas IIB Slawi Mardi Santoso, Ketua ASOBSI Kabupaten Tegal Akhmad Budy Hermanto, Ketua Komunitas Eco Enzym Nusantara Inur Tifany serta berbagai komunitas Pecinta Lingkungan.

Kadis DLH Muchtar Mawardi memberikan arahan tema Peringatan Hari Bersih Se-dunia (WCD) Kabupaten Tegal tahun 2021 adalah " Desa Merdeka Sampah ", serta berharap seluruh elemen masyarakat ikut serta dalam menjaga lingkungan. Dengan demikian masalah sampah menjadi tanggungjawab bersama.

Kalapas IIB Slawi Mardi Santoso menyambut baik adanya kegiatan peringatan Hari Bersih Se-dunia tahun ini melibatkan Warga Binaan Pemasyarakatan Slawi, sehingga dapat memberikan kesempatan warga binaan dalam menjaga lingkungan. Dengan memberikan pelatihan Eco Enzym dari pemanfaatan limbah untuk para Napi merupakan sesuatu yang luar biasa. Dan diharapkan para napi yang selesai menjalani hukuman dapat kembali ke masyarakat serta menjadi pelopor dalam menjaga lingkungan.

Dalam sambutannya Ketua ASOBSI Kabupaten Tegal Akhmad Budy Hermanto menyampaikan belum tertanganinya permasalahan sampah mengakibatkan rendahnya Indeks Kwalitas Air di wilayah Kabupaten Tegal, perlu keseriusan berbagai pihak.

Dalam peringatan Hari Bersih se-dunia ( World Clean-up Day ) tahun 2021, ASOBSI berkolaborasi dengan Komunitas Eco Enzym Nusantara, Warung Edukasi Sampah (WES) dan Garasi Edikasi Sampah (GaEs) serta PMI Kabupaten Tegal. Kegiatan penyemprotan Cairan Disinfektan dengan menggunakan mobil tanki PMI dilaksanakan di TPS Desa Kecamatan Lebaksiu.

Ketua ASOBSI berharap semakin banyak masyarakat yang terlibat dan sadar akan kebersihan lingkungan, dengan cara memilah sampah dari rumah maka Program Desa Merdeka Sampah akan semakin mudah untuk diwujudkan, papar Budy.

Guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam hal pengelolaan sampah, maka ASOBSI akan membentuk suatu Yayasan yang akan memberi suatu wadah bagi para pegiat lingkungan dalam mengaplikasikan program pemberdayaan masyarakat, demikian ungkap Budy.(Hid/rus).

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar