Wabup Sukabumi - Diklat Literasi Islamic Digital akan Membangun SDM Cerdas dan Berdaya Saing Global

Wabup Sukabumi - Diklat Literasi Islamic Digital akan Membangun SDM Cerdas dan Berdaya Saing Global Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, KAB. SUKABUMI - 65 peserta dari 47 Kecamatan mengikuti Diklat Pengenalan dan Pendalaman Literasi Islamic Digital Lewat Aplikasi Android yang diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sukabumi Tahun 2021di Gedung Ad-Dakwah Kecamatan Cibadak, Sabtu (25/9).

Menurut Ketua Umum MUI Kab. Sukabumi KH. Oman Komarudin, kegiatan ini diselenggarakan untuk menambah wawasan dan ilmu untuk menghadapi perkembangan zaman 4.0 yang semakin pesat. "Diklat literasi islamic digital ini bertujuan supaya peserta bisa mengenal dan memahami penggunaan teknologi digital terkait informasi dan komunikasi" jelasnya.

Wakil Bupati sukabumi H. Iyos Somantri yang hadir membuka acara sekaligus menyampaikan materi mengatakan di era revolusi industri 4.0 semua harus berikhtiar untuk meningkatkan sumberdaya manusia yang berdaya saing global. "Diklat ini sangat penting karena berorientasi untuk meningkatkan SDM sebagai langkah strategis menghadapi perkembangan jaman lompatan teknologi 4.0 yang berdampak sistemik tehadap budaya dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat dunia" jelas Wabup.

Walaupun demikian, tambah Wabup, revolusi industri generasi ke-empat 4.0 juga bisa berdampak negatif, karenanya butuh pengetahuan yang memadai tehadap kemajuan teknologi dengan segala implikasinya termasuk perkembangan informasi berbasis media yang tidak selamanya akurat. "Informasi bohong atau hoax tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi, perlu sikap selektif dalam mencermati berita, karena itu untuk membangun masyarakat yang well informed dan sadar bahaya hoax, kiranya tokoh MUI di Kecamatan melalui media dakwah bisa membina masyarakat agar tidak mudah terpropokasi dan senantiasa melakukan tabayyun terhadap informasi yang diterima" terangnya.

Masih dikatakan Wabup, tentunya semua menyadari konsekuensi ketika informasi mengandung tujuan tidak baik dan melanggar undang undng ITE, yang demikian sangatlah berbahaya, intinya diharapkan sebelum sharing harus benar benar dipastikan dulu kebenarannya.

Diakhir amanatnya, Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyampaikan bahwa memanfaatkan kemajuan teknologi digital secara islami, artinya dengan cara yang baik, berguna dan bertujuan menambah ilmu pengetahuan konstruktif akan membawa perubahan untuk kemajuan Kabupaten Sukabumi.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar