Pendaftaran FFT 2021 Ditutup, Ada 38 Film Pendek Yang Mendaftar

Pendaftaran FFT 2021 Ditutup, Ada 38 Film Pendek Yang Mendaftar Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL- Pendaftaran Festival Film Tegal (FFT) 2021 sudah ditutup tanggal 18 Oktober lalu. Tahun ini total ada 38 Film Pendek yang mendaftar, di antaranya adalah 15 Film Pendek dari peserta Pelajar, 19 Film Pendek dari peserta Umum. Sementara, 4 film lain tidak ikut dikompetisikan karena berasal dari luar Tegal.

Film-film tersebut nantinya akan berkompetisi untuk mendapat penghargaan Film Pendek Terpilih Kategori Umum dan Pelajar, Sutradara Terpilih Kategori Umum dan Pelajar, Pemeran Utama Terpilih Kategori Umum dan Pelajar, Ide Cerita Terpilih Kategori Umum dan Pelajar, Poster Terpilih, Film Spesial Pilihan Juri, serta Film Favorit Pilihan Netizen. Selain Piala dan Piagam Penghargaan, para pemenang juga akan mendapat uang pembinaan dengan total puluhan juta rupiah.

Pemilihan Film Favorit akan dilaksanakan pada tanggal 23 & 24 Oktober melalui channel YouTube Festival Film Tegal, semua penonton bisa memilih film favoritnya dengan menulis judul film di kolom live chat selama sesi berlangsung. Suara terbanyak, akan diumumkan sebagai Pemenang Film Favorit FFT 2021.

Untuk katergori lainnya, pemenang akan langsung dipilih oleh juri-juri profesional di bidangnya. Seperti, Achmad Romie, Sutradara asal Tegal yang sudah memproduksi beberapa film bioskop, di antaranya adalah film Mantan (2017) yang dibintangi oleh artis Luna Maya. Lalu ada Sidharta Tata, Sutradara muda yang sedang naik daun melalui film serialnya yang berjudul Hitam (2021). Kemudian Jason Iskandar, Sutradara sekaligus Penulis Skenario dan juga merupakan Founder dari Studio Antelope.

Kepala Dinas Kominfo Kab Tegal Bambang Kusnandar Aribawa melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kusnianto Jumat 22 Nopember 2021 mengatakan, tujuan diselenggarakan FFT adalah memberi ajang wadah bagi generasi muda pelajar, mahasiswa dan komunitas-komunitas sineas Tegal untuk terus berkarya dan kreatif menghasilkan karya-karya film yg menarik dan berkualitas dari berbagai sisi industri film. Perfilman adalah salah satu industri kreatif yg akan terus didorong dan difasilitasi Pemkab Tegal di era teknologi dan digitalisasi saat ini, pungkasnya.

Sementara itu, Wicaksono Wisnu Legowo selaku Direktur Festival Film Tegal 2021 menambahkan, FFT 2021 ini menjadi ruang pembuktian warga Tegal, bahwa pandemi tidak dapat membunuh kreativitas mereka. Terbukti, kualitas serta kuantitas film yang didaftarkan justru meningkat dari penyelenggaraan FFT 2019. Harapan Wisnu, Festival Film Tegal menjadi agenda rutin, supaya nantinya film bisa lebur dan menjadi bagian dari kehidupan orang-orang Tegal.

Hasil penjurian Festival Film Tegal 2021 akan diumumkan secara daring di channel YouTube Festival Film Tegal pada hari Rabu, tanggal 27 Oktober, mulai pukul 19.30 WIB. Update info-info menarik mengenai Festival Film Tegal 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal bersama Sinema Pantura ini, dapat diperoleh di instagram Festival Film Tegal.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar