Montly Gathering Ke-2 Kadin Kota Bandung

Bayar Zakat Dapat Mengurangi Perhitungan Pajak Penghasilan Bruto

Bayar Zakat Dapat Mengurangi Perhitungan Pajak Penghasilan Bruto Asep Ruslan Santunan anak yatim dan dhuafa dari anggota dan pengurus Kadin Kota Bandung dalam acara Montly Gathering 2 Kadin Kota Bandung (Foto/SPN/Asep)

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG - Sebanyak 350 Paket Santunan berupa bingkisan dan uang dari para donatur dan pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bandung diserahkan secara simbolis oleh Ketua Kadin Kota Bandung, Ir. Iwa Gartiwa, MM. didampingi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Kota Bandung, Yanuar P. Ruswita  kepada anak-anak yatim dan duafa dalam acara Montly Gathering ke 2 dengan tema, “Zakat Dan Pengurang Penghasilan Bruto Dalam Perhitungan Pajak Penghasilan”, yang diselenggarakan oleh Kadin Kota Bandung bekerjasama dengan Baznas Kota Bandung, Direktur  Jendral Pajak (djp), ACT Jawa Barat dan MFA Group di Aula Graha Kadin Kota Bandung Jalan Talaga Bodas No. 31 Kota Bandung, Kamis (27/4/2022).

Ketua Kadin Kota Bandung Ir. Iwa Gartiwa, MM dan Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Kota Bandung, Yanuar P. Ruswita (Foto/SPN/Asep)

“Tujuannya untuk silaturahmi pengurus dan anggota Kadin Kota Bandug serta stakeholder Kota Bandung, berbagi kepada masyarakat, memberikan pengetahuan tentang pengurang penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan, dan untuk mendorong pemahaman dan pembayaran zakat oleh pengurus dan anggota  Kadin,” kata Iwa Gartiwa Ketua Kadin Kota Bandung. 

Menurut Iwa, kegiatan gathering  semacam ini rencananya akan dilaksanakan setiap bulan dengan mengusung tema yang  berbeda-beda, setelah sebelumnya kegiatan pertama pada saat acara Pelantikan Pengurus Kadin Kota Bandung pada 25 Maret 2022 lalu di Trans Convention Center. 

Ir. H. Asep Ruslan Ketua UPZ Kadin Kota Bandung bersama Ketua Kadin Kota Bandung Ir. Iwa Gartiwa, MM dan Nara Sumber (Foto/SPN/Asep)

“Pada acara yang ke-2 kali ini Kadin Kota Bandung menghadirkan narasumber  Dr. Akhmad Rozikin, M.Ag. dari Baznas Kota Bandung, Aris Kurniawan, Penyuluh Ahli Pratama dari KPP Pratama Bandung Bojonagara, dan  Faisal Fajar, Marketing Regional Leader Jabar ACT-GZ_GW-GQ Jabar,” tambahnya.

Narasumber Montly Gathering ke 2 dengan tema “Zakat Dan Pengurang Penghasilan Bruto Dalam Perhitungan Pajak Penghasilan” (Foto/SPN/Asep)

Acara dihadiri oleh 60 orang peserta yang sebagian besar adalah dari Dewan pengurus Kadin Kota Bandung dan berlangsung sangat menarik,  dimana para narasumber menjelaskan tentang “Zakat Dan Pengurang Penghasilan Bruto Dalam Perhitungan Pajak Penghasilan.”

Ketua Kadin Kota Bandung Ir. Iwa Gartiwa, MM dan Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Kota Bandung, Yanuar P. Ruswita (Foto/SPN/Asep)

“Para anggota dan pengurus Kadin Kota Bandung adalah para pengusaha, kadang masih ada yang belum mengetahui bahwa zakat penghasilan yang sudah dibayarkan dapat menjadi pengurang penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan, sesuai dengan Undang Undang No. 23 Tahun 2011 pasal 22 tentang Pengelolaan Zakat.  Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa Zakat yang dibayarkan oleh Muzakki (Pemberi Zakat) kepada Baznas atau Lembaga Amil Zakat (LAZ) atau Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kadin Kota Bandung dikurangi dari Penghasilan Kena Pajak,” pungkas Iwa Gartiwa, Ketua Kadin Kota Bandung.

Pada akhir acara, Ketua Panitia, Ridwan Kurniawan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh donatur dan pengurus Kadin Kota Bandung yang telah mensupport acara ini baik materi, tenaga maupun pemikirannya.

“Jazakumullah Khairan Katsira kepada seluruh donatur serta pengurus Kadin Kota Bandung. Mudah-mudahan semuanya menjadi amal ibadah yang terbaik untuk kita semua.  Aamiin,” ujar Ridwan.


Perwakilan anak yatim dan dhuafa penerima santunan dari Anggota dan Pengurus Kadin Kota Bandung (Foto/SPN/Asep)

Dalam penyerahan santunan Anak Yatim dan dhuafa dihadirkan 20 orang perwakilan anak-anak Yatim dan dhuafa yang berdomisili sekitar Graha Kadin Kota Bandung yaitu warga di Kecamatan Lengkong, Kelurahan Malabar dan Kelurahan Burangrang, juga dari Yayasan Yatim Piatu Tambahan Hati.

 

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar