Gerakan Jumat Bersih Dicanangkan

Gerakan Jumat Bersih Dicanangkan Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Di motori Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes, Pemerintah Kabupaten Brebes kembali mencanangkan Gerakan Jumat Bersih. Gerakan ini sebagai upaya membersihkan wilayah Brebes dari sampah yang terdapat di perkotaan maupun pedesaan. Sehingga terhindar dari banjir maupun genangan air demi tercapainya kehidupan yang indah dan sehat, baik lahir maupun batin. Dalam pencanangan Jumat Bersih, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH memimpin ratusan relawan yang beraksi bersih-bersih Kalikamal, di Desa Kedunguter Kecamatan Brebes, Jumat (13/5/22). 

Dalam aksinya, Bupati didampingi Ketua Dekranasda AKBP Dr Warsidin MH membaur bersama ratusan relawan membersihkan Kalikamal dari sampah, tanaman gulma, seperti Kangkung, Eceng Gondok yang menutupi saluran.

Bupati Idza mengatakan, Jumat Bersih akan dilaksanakan secara rutin setiap bulan diseluruh wilayah Kabupaten Brebes yaitu di setiap Jumat, pekan ketiga. Jumat Bersih melibatkan seluruh elemen penthahelix dengan harapan dapat mengatasi permasalahan seputar banjir yang sering melanda Brebes.

Kepala DPU Kabupaten Brebes Sutaryono mengakui kalau penanganan drainase belum optimal. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, salah satunya perilaku masyarakat yang tidak peduli lingkungan, diantaranya membuang sampah tidak pada tempatnya. Untuk itu, pihaknya telah membentuk Forum Sistem Jejaring Jaga Banjir (Si Jaga Banjir) yang merupakan kolaborasi pentahelix yang diharapkan dapat menggugah kesadaran dan prilaku masyarakat untuk lebih peduli pada lingkungan.

Forum Si Jaga Banjir, kata Taryono, juga akan mengedukasi masyarakat agar tidak mendirikan bangunan di atas saluran dan tidak membuang sampah di saluran air. Dengan demikian, sungai dan saluran air lainnya tidak tersumbat dan banjirpun bisa dicegah sejak dini.

Aksi bersih sungai, melibatkan ratusan relawan dari berbagai elemen masyarakat seperti TNI, Polri, ASN, Pelajar dan Forum Si Jaga Banjir serta unsur masyarakat lainnya.

Pencanangan ditandai dengan apel bersama, pemakaian rompi Pengurus Forum Si Jaga Banjir, pelepasan balon dan pengguntingan pita oleh Bupati Brebes yang didampingi Ketua Dekranasda AKBP Dr Drs Warsidin MH dan Kepala DPU Brebes Sutaryono MSi.(hid/yas). 

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar