Kabupaten Garut Turut Promosikan UMKM di Ajang KKJ dan PKJB 2022

Kabupaten Garut Turut Promosikan UMKM di Ajang KKJ dan PKJB 2022 Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Garut bersama 26 kabupaten/kota di Jawa Barat turut ambil bagian dalam mempromosikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di ajang Karya Kreatif Jabar (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat  (PKJB) 2022 yang digagas Pemda Provinsi Jawa Barat melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat dan Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat. Berbagai produk unggulan khas Garut turut dipajang.

Dua event besar untuk kalangan UMKM di Jabar itu berlangsung tiga hari, dari Sabtu hingga Senin, tanggal 14-16 Mei 2022 di Trans Convention Centre Bandung, Jl. Gatot Subroto No.289, Kota Bandung.

Dalam perhelatan KKJ, Dekranasda Kabupaten Garut memantapkan posisinya di urutan kedua pada Kompetisi Video Pendek Animasi bertema "Tradisi, Kuliner, Seni dan Kriya Kreatif, serta Wisata Jawa Barat", sedangkan Juara I dan II masing-masing diraih Kabupaten Bandung Barat, dan III Kota Bogor, serta Juara Favorit untuk Likes Terbanyak (Instagram) diraih Kabupaten Cianjur.

Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Garut, NIa Gania Karyana, yang mendampingi Sekda Kabupaten Garut saat penerimaan, Sabtu (14/5/2022) mengaku pihaknya sangat bangga terhadap prestasi yang diraih oleh Dekranasda Kabupaten Garut yang telah menyabet juara kedua dalam perhelatan KKJ ini. Atas nama Dekranasda Kabupaten Garut, ia mengungkapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung Dekranasda.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Garut, Rudy Gunawan, atas dukungannya dalam pembuatan video berdurasi 60 detik ini yang telah turut peduli mempromosikan produk khas Garut.

Nia Gania mengajak masyarakat untuk mencintai dan membeli produk Garut serta meningkatkan aktivitas ekonomi Kabupaten Garut.

"Kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan pembuatan video ini dan akhirnya Garut memperoleh juara kedua melalui kiprahnya Dewan Kerajinan Nasional Kabupaten Garut saya sampaikan rasa bangga dan terimakasih," ungkapnya

Nia Gania menerangkan, dalam PKJB ini, Dekranasda Kabupaten Garut telah membuat video yang berisi tentang kepedulian Kabupaten Garut dari sisi lingkungan serta sisi promosi produk Kabupaten Garut.

Ia mengajak masyarakat Garut untuk mencintai produk Garut dan membeli produk Garut dalam rangka meningkatkan aktivitas ekonomi di Kabupaten Garut. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk dapat bergabung dengan Dekranasda Kabupaten Garut.

"Kepada rekan-rekan mari bergabung di Dewan Kerajinan Nasional daerah Kabupaten Garut dalam rangka aktivitas ekonomi yang sebetulnya tidak hanya kerajinan tetapi berbagai aspek ekonomi yang kita lakukan secara bersama," lanjutnya.

Sementara itu berkaitan dengan diraihnya Juara II KKJ ini, Ketua Tim Penasihat Investasi Pemkab Garut, Budiman yang juga Dosen Fak Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Dosen Senior Universitas Garut (UNIGA) menyatakan selamat atas peraihan ini, meski harus puas di urutan kedua. Setidaknya itulah hasil gambaran karya kreatif yang dihasilkan, apalagi video ini menggambarkan potensi yang dimiliki setiap kabupaten/kota di Jawa Barat. Namun demikian, sebagai pemerhati ekonomi dan investasi, Budiman mengungkapkan, visualisasi yang dituangkan dalam bentuk video berdurasi singkat ini hendaknya tidak melupakan esensi yang ingin disampaikan ke publik, terlepas dari estetika gambar bernuansa seni dan sinematografi, namun tidak melupakan kekuatan dan ciri khas daerah yang ingin dipublish maupun dipromosikan. "Bicara Garut, misalnya, dari potensi produk unggulan, kita punya yang tidak dipunyai daerah lain, yaitu akar wangi, atau dari sisi budaya kita punya seni tari ciri khas, seperti Tari Merak Ngibing. Hal itu bisa menjadi kekuatan dan kebanggan kita dalam mengenalkan produk unggulan kita," ujar Budiman, Minggu (15/5/2022).

Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Kamil mengemukakan, seluruh 27 Pemda Kabupaten dan Kota di Jabar, serta 56 OPD ikut ambil bagian dalam event ini.

"Seluruh pemda dan OPD di Jabar bersama-sama mempromosikan produk UMKM, budaya dan pariwisata melalui event ini," kata Atalia saat Opening Ceremony, di Trans Luxury Hotel Bandung,  Sabtu (14/5/2022).

Menurutnya, Jabar memiliki lebih dari 56.000 UMKM yang harus didukung terutama dalam promosinya, salah satunya melalui kolaborasi dengan Bank Indonesia di event KKJ dan KKJB ini.

KKJ - PKJB 2022 mengusung tema "Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi yang Berkelanjutan".

Seperti pelaksanaan tahun sebelumnya, KKJ Tahun 2022 disinergikan dengan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2022 sebagai rangkaian untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Indonesia (Gernas BBI dan BWI), serta merupakan side event G20.

Pada opening ceremony ini turut dihadiri Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Nurdin Yana, mewakili Kabupaten Garut, menerima plakat penghargaan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Trans Luxury Hotel Bandung,  Sabtu (14/5/2022). (spn/garut )

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar