Bawaslu Kab. Sukabumi Rumuskan Kesepakatan Kerjasama Dengan PWI Kab. Sukabumi

Bawaslu Kab. Sukabumi Rumuskan Kesepakatan Kerjasama Dengan PWI Kab. Sukabumi Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, KAB. SUKABUMI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sukabumi, menyelenggarakan rapat bersama guna merumuskan kesepakatan dalam Manajemen dan Pengawasan Partisipatif Konten Media Menghadapi Pemilu Tahun 2024, hari Rabu (18/5/2024) di kantor Bawaslu Kabupaten Sukabumi Jalan Karangtengah Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Rapat bersama yang dihadiri Ketua dan Komisioner Bawaslu Kabupaten Sukabumi serta Ketua PWI Kabupaten Sukabumi beserta jajaran, mengupas tentang upaya memaksimalkan peran serta media massa dalam perhelatan Pemilu dan Pemilihan  tahun 2024. Berkaitan dengan itu Mulya Hermawan, Kepala Bidang Pendidikan dan Latihan PWI Kabupaten Sukabumi, menguraikan materi tentang pemahaman terhadap media massa, media sosial, tugas wartawan, manajemen dan pengawasan konten media, dalam menghadapi pemilu 2024.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Teguh Hariyanto, M.Pd, mengungkapkan, peran media massa sangat dibutuhkan dalam memberikan informasi termasuk pendidikan politik kepada masyarakat.

“ Kami ingin menjalin kerjasama dalam meningkatkan peran aktif pengawasan parsitipatif, dan prepentif terhadap seluruh tahapan pemilu dan pemilihan tahun 2024. Selain itu, untuk  meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini. Media diharapkan dapat menyampakian informasi secara baik, termasuk pendidikan politik, sehingga bisa mewujudkan demokrasi yang sehat,” tutur Teguh Hariyanto.

Teguh juga menyebutkan, saat ini sedang dirumuskan nota kesepakatan bersama antara Bawaslu Kabupaten sukabumi dengan PWI Kabupaten Sukabumi, sebagai landasan untuk menjalankan program bersama. Dengan kerjasama yang akan dibangun kedepan diharapkan mampu turut serta menyukseskan pemilu dan pemilihan 2024, salah satunya meningkatkan pertisipasi masyarakat. Bukan saja meningkat secara kuantitas namun juga meningakat secara kualitas, sehingga masyarakat cerdas dalam memilih.

Ditempat yang sama Ketua PWI Kabupaten Sukabumi Asep Solihin kepada SINARPAGINEWS.COM dan Fokus Media FM mengungkapkan, rapat bersama yang membahas Manajemen dan Pengawasan Partisipatif Konten Media Menghadapi Pemilu Tahun 2024, merupakan terobosan baru dan memiliki nilai strategis untuk turut menyukseskan pemilu 2024. Pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu bukan kewajiban Bawaslu saja, tapi juga kewajiban semua pihak termasuk media massa.

“ Terlebih Kabupaten Sukabumi dengan wilayah yang cukup luas, dengan 47 kecamatan, tentu akan memiliki tantangan tersendiri dari sisi pengawasan. Nah kedepan kami akan melakukan kerjasama dengan Bawaslu Kabupaten sukabumi dan nota kesepakatannya sedang dirumuskan bersama. Insya Allah, dalam waktu dekat penandatanganan kesepakatan akan kami lakukan,” pungkas Avhes, panggilan akrab Asep Solihin.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar