BINDA Jabar Lakukan Gebyar Vaksinasi Lanjutan di Kab.Sukabumi, Diantaranya Menyasar Pelaku UMKM

BINDA Jabar Lakukan Gebyar Vaksinasi Lanjutan di Kab.Sukabumi, Diantaranya Menyasar Pelaku UMKM Dok SPN Pelaksanaan Gebyar Vaksiasi di Kp. Genteng Desa Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi

SINARPAGINEWS.COM, KAB. SUKABUMI - BIN Daerah Jawa Barat kembali menggelar gebyar vaksinasi lanjutan dari tanggal 22 sampai 24 Juni 2022, yang melibatkan 13 Puskesmas dan 50 Posyandu yang tersebar di wilayah Kabupaten Sukabumi. 

Salain kerja sama dengan Dinas Kesehatan dan PKM dimasing-masing kecamatan, gebyar vaksinasi BIN lanjutan ini juga melibatkan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Sukabumi, dimaksudkan untuk menyasar para pelaku usaha kecil dan menengah yang banyak bersentuhan dengan berbagai kalangan.

Diubungi saat menghadiri vaksinasi di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Rabu (22/6/2022), Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Sukabumi Yulipri,ST, MT mengatakan, perekonoman sempat terpuruk akibat Covid-19, dan saat ini sudah mulai menujukkan perkembangan kearah positif. Demikian juga untuk UMKM sudah mulai menggeliat. Para pelaku UMKM ini perlu ketenangan dan keleluasaan dalam menjalnkan usahanya, termasuk meiliki proteksi terhadap ancaman kesehatanya.

“ Dalam melakukan usahanya para pelaku UMKM ini akan banyak bersentuhan dengan banyak pihak, tentu harus ditunjang dengan kesehatan, termasuk memiliki proteksi terhadap ancaman kesehatan. Salah sartunya memiliki imun terhadap covid-19 dan varian lainnya. Sehingga memiliki ketenangan dalam menjalankan usaha,” tutur Yulipri.

Masih menurut Yulipri, pihaknya menyambut baik dan berterimakasih kepada BIN dengan adanya program vaksinasi yang melibatkan instansi yang dipimpinnya.

“ Program vaksinasi BIN di Kabupaten Sukabumi yang juga menyasar para pelaku UMKM ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM. Dari data yang kami miliki ada 200 ribu pelaku usaha UMKM, namun untuk pastinya saat ini kami sedang melakukan validasi data UMKM di Kabupaten Sukabumi dengan melibatkan 214 orang petugas menyasar ke 47 kecamatan. Harapannya semua pelaku UMKM tersebut terproteksi kesehatannya,” ucap Yulipri.

Ditempat yang sama, Kepala Puskesmas Cikembar Abu Asmaun mengungkapkan, pencapaian vaksinasi di Kecamatan Cikembar untuk vaksinasi anak dosisi 1 mencapai 98,92 persen, dan dosis 2 mencapai 76,23 persen. Sementara untuk vaksinasi umum dosis 1 mencapai angka 94 persen, dosis 2 sebanyak 72,78 persen dan dosis 3 ada diangka 21,76 persen.

“ Tentu kami masih terus berusaha untuk meningkatkan pencapaian tersebut. Dengan adanya gerakan BIN yang berpastipasi aktif dalam pelaksanaan vaksinasi ini sangat membantu kami. Bukan hanya kali ini tapi sudah banyak sekali keterlibatan BIN dalam percepatan vaksinasi sebelumnya,” kata Abu Asmaun.

Ditempat terpisah, Kepala Puskesmas Gunungguruh Dedi Setiadi, SKM menyebutkan, keterlibatan BIN dalam percepatan vaksinasi di Kecamatan Gunungguruh sudah sering dilakukan. Kali ini gebyar vaksinasi bersama BIN akan menyisir beberapa lokasi yang dijadwalkan dari tanggal 22 sampai 24 Juni 2022.

“ Kami sangat terbantu dengan gerakan BIN untuk percepatan vaksinasi dalam berbagai kebutuhan. Tentu selaku Kepala Puskesmas Gunung Guruh saya mengucapkan banyak terimakaksih, semoga kolaborasi ini bisa tetap berjalan dan terbina dengan baik,” tuturnya kepada sinarpaginews.com, saat pelaksanaan gebyar vaksinasi di Kp. Genteng Desa Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh.

Dedi Setiadi juga menyebutkan pencapaian vaksinasi diwilayah Gunungguruh, dimana vaksinasi anak dari sasaran sebanyak 3.987 dosis 1 mencapai 91,25 persen, dosis 2 mencapai 85,20 persen. Untuk katagori umum dari jumlah sasaran 32.064 dosis 1 mencapai 93,79 persen, dosis 2 mencapai 95,52 persen, dan dosis 3 diangka 35,70 persen. Pencapaian ini diatas rata-rata akumulatif tingkat Kabupaten Sukabumi. Dedi juga optimis diakhir Desember 2022 sudah bisa mencapai 100 persen.

Pantauan kami beralih ke Kecamatan Nagrak, dimana hari Rabu (22/6/2022) melaksanakan vaksinasi di tiga desa, masing-masing Desa Cihanjawar, Pawenang dan Cisarua. Vaksinasi ini akan diteruskan ke desa-desa lainnya hingga 2 hari mendatang.

Menurut Koordinator Layanan Mutu Puskesmas Nagrak Masriyadi S.Kep.Nes, MM, pihaknya sudah sering bekerjasama dengan BIN dalam menyelenggarakan vaksinasi. Kerjasama tersebut terus berjalan dengan baik guna meningkatkan pencapaian vaksinasi di wilayah Kecamatan Nagrak.

“ Vaksinasi dengan BIN kali ini sifatnya lebih jemput bola, dengan mendatangi masyarakat di pelosok pedesaan. Pelaksanaannya juga melibatkan kader posyandu dan masyarakat umum, disamping nakes dan para petugas yang ditunjuk oleh BIN daerah. Kami mengucapkan terimakasih kepada BIN yang telah banyak membantu dalam pelaksanaan vaksinasi ini,” tutur Masriyadi.

Pencapaian vaksinasi di Kecamatan Nagrak terus meningkat. Menurut Masriyadi  sampai hari ini untuk vaksinasi umum, dosis 1 sebanyak 44.181 atau 96,24 persen, dosis 2 sebanyak 44.559 atau 97,07 persen  dan dosis 3 (booster) sebanyak 21.147 atau 46,07 persen. Pencapai ini sudah diatas rata-rata komulatif tingkat Kabupaten Sukabumi.

Sementara Kepala Sub Koordinator (Kasubkor) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi dr. Elis Sopiani mengungkapkan, BIN Daerah Jawa Barat telah banyak membantu dalam upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Sukabumi,  dimana perananannya sangat terasa memberikan dampak yang cukup siginifikan.

“ Kami sangat berterimakasih kepada BIN Daerah Jawa Barat yang telah banyak membantu dalam percepatan vaksinasi di Kabupaten Sukabumi, bahkan membantu bukan hanya vaksinasi tetapi dalam banyak hal. Semoga Kerjasama ini dapat terbina dengan baik dan lebih ditingkatkan lagi, “ ucap Elis, saat menghadiri gebyar vaksinsi di PLUT Kecamatan Cikembar.

Kasubkor P3P juga mengngkapkan pencapaian vaksinsi ditingkat Kabupaten Sukabumi. Dari jumlah sasaran 2.136.590 jiwa, pencapaian vaksinasi dosis 1 mencapai angka 2.032.283 atau 95,12 persen, dosis 2 mencapai 1.701.932 atau 79,66 persen, dan dosis 3 sudah mencapai 667.588 atau 31,25 persen.

Pada waktu dan tempat yang sama, Kaposda BIN Kabupaten Sukabumi Aam Abdul Salam mengungkapkan, tujuan kegiatan vaksinasi ini untuk membantu tenaga kesehatan dalam percepatan capaian vaksinasi di wilayah Kabupaten Sukabumi yang dilaksanakan secara serentak selama tiga hari, dari tanggal 22 sampai 24 Juni 2022.

“ Program Gebyar Vaksinasi kali ini kami menargetkan 34.000 sasarani. Dalam pelaksanaannya kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan PKM yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi, serta instansi lainnya. Mohon dukungan dari semua pihak dan kesadaran masyarakat atas pentingnya vaksinasi dalam membantu percepatan pencapaian target yang diharapkan,” tutur Aam Abdul Salam.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar