Penelitian Kemasyarakatan Syarat Mutlak untuk Pengusulan Program Integrasi Bagi WBP

Penelitian Kemasyarakatan Syarat Mutlak untuk Pengusulan Program Integrasi Bagi WBP Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SEMARANG - Pada tanggal 29 Juni 2022 Tri Muryati (Pembimbing Kemasyarakatan BAPAS Semarang) melakukan kegiatan wawancara dengan salah satu warga binaan pemasyarakatan di LAPAS Semarang dalam rangka Litmas terhadap nara pidana nama A R dalam perkara pembunuhan berencana pasal 340 KUHP. Hal tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti surat permintaan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang.

Oleh karena itu, dalam mengoptimalkan pelayanan serta pemenuhan hak warga binaan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang melaksanakan Litmas terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Yang bekerjasama dengan Balai Pemasyarakatan Kelas I Semarang , kegiatan Litmas ini merupakan proses pembinaan Integrasi WBP sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) RI No. 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak .

Pada kesempatan tersebut Pembimbing Kemasyarakatan menjelaskan tentang hak dan kewajibannya saat menjalani program re-integrasi sosial , karena penjamin warga binaan Pemasyarakatan berdomisili di wilayah kerja BAPAS Kelas II Pati sehingga untuk penyelesaian litmasnya diserahkan BAPAS Kelas II Pati dengan memperhatikan kelayakan penjamin dan kondisi lingkungan serta kesiapan pamong setempat untuk menerima kembali ditengah lingkungannya.

Penggalian data terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan berjalan dengan baik dan lancar, ia berharap proses integrasinya berjalan lancar sehingga bisa berkumpul kembali dengan keluarganya.

Kontributor : JFT A

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar