Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Bupati Purwakarta Tanam Pohon Dan Tebar Benih Ikan

Bupati Purwakarta Tanam Pohon Dan Tebar Benih Ikan Markus Sitanggang

SINARPAGINEWS.COM, PURWAKARTA, - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika secara simbolis melakukan penanaman ribuan bibit pohon dan menebar ratusan kilo benih ikan di Rawa Kalimati, Kampung Sawah, Desa Cilangkap, Kecamatan Babakan Cikao, Rabu 29 Juni 2022.

Peringatan World Environment Day itu juga dilakukan secara seremonial di Kawasan Industri PT Indo Bharat Rayon. Nampak hadir jajaran Manajemen PT IBR, Forkopimda Purwakarta atau yang mewakili, jajaran DLH dan sejumlah perwakilan Perangkat Daerah serta para tokoh, aparatur pemerintahan kecamatan dan desa setempat.

Dalam sambutannya Bupati Purwakarta mengapresiasi langkah-langkah pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan jajaran manajemen PT. Indo Bharat Rayon, diantaranya normalisasi Rawa Kalimati yang telah selesai dilakukan oleh perusahaan bersama steakholder terkait serta masyarakat setempat.

"Kami apresiasi langkah-langkah pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan oleh manajemen PT IBR dan para pihak terkait serta perusahaan-perusahan lainnya yang telah berkomitmen tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup," ujar Ambu Anne.

Tahun 2022 ini, Indonesia memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan mengambil tema; Satu Bumi untuk Masa Depan. Peringatan ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk terus memperbaiki perilaku adil terhadap lingkungan.

"Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif. Tidak lain, dalam satu arah sejalan dengan tujuan nasional dan cita-cita bangsa.

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Semoga Allah SWT meridhoi semua upaya dan langkah kita dalam menjaga dan melestarikan lingkungan Indonesia," kata Ambu Anne.

Berkaitan dengan penanaman pohon di wilayah Rawa Kalimati, Ambu Anne mengatakan, lahan kritis perlu diperbaiki agar dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat.

Dalam penanggulangan lahan kritis, masyarakat dan korporasi dapat berperan baik secara langung maupun tidak langsung. Pengetahuan akan lahan kritis juga perlu diketahui, agar masyarakat dan korporasi tidak secara serampangan mengambil alih lahan-lahan produktif untuk digunakan.

Ia juga menyampaikan, penanam pohon yang dilakukan sejumlah korporasi ini merupakan salah satu upaya rehabilitasi hutan dan lahan secara vegetatif.

"Kami sangat mengapresiasi terselengganya kegiatan penanaman pohon ini sebagai bagian dari tanggung jawab kepada masyarakat, lingkungan dan alam. Terimakasih kepada semua korporasi yang telah berkontribusi pada kegiatan penghijauan dan diharapkan ini dapat memberikan kontribusi pada pemenuhan energi untuk masyarakat dan alam, khususnya di Kabupaten Purwakarta.

Semoga semuanya tetap konsisten berkarya dan berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Purwakarta," kata Ambu Anne.

Presdir PT IBR Bharat Kumar melalui Direktur Teknik, Anik Sengupta dalam sambutannya memaparkan sejumlah pencapaian pelestarian lingkungan hidup yang telah dilakukan oleh Manajemen PT Indo Bharat Rayon, salahsatunya normalisasi Rawa Kalimati di Kampung Sawah yang telah tuntas pada tahun 2021.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta serta para pihak terkait yang juga telah membantu terlaksananya agenda pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan oleh perusahaan," kata Anik.

Sementara, Direktur HR dan PR, Febri Siaahan mengatakan terdapat 1.600 batang bibit pohon yang ditanam di areal Rawa Kalimati dan sekitar perusahaan. "Untuk tebar benih ikan, kami juga menyiapkan ratusan kilo bibit ikan emas dan nila untuk ditebar di Rawa Kalimati," kata Febri.(Ms)

Editor: Markus Sitanggang

Bagikan melalui:

Komentar