Penuhi Hak ABH PK BAPAS Kelas I Semarang Lakukan Pendampingan Pelimpahan Perkara

Penuhi Hak ABH PK BAPAS Kelas I Semarang Lakukan Pendampingan Pelimpahan Perkara Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SEMARANG - Kegiatan Pendampingan Anak Berkonflik dengan Hukum merupakan salahsatu tugas pokok Pembimbing Kemasyarakatan sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Hukum Dan HAM RI Nomor: 41 Tahun 2017 tentang Jabatan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan.

Pembimbing KemasyarakatanBapasKelas I Semarang Tri Muryati melaksanakan pendampingan perkaa anak yang berkonflik dengan hukum nama AKD dari Polrestabes Semarang ke Kejaksaan Negeri Semarang.

Tujuan dilakukan pendampingan pelimpahan perkara ABH guna memastikan hak-hak anak pada saat dilaksanakan pelimpahan perkara dan pemeriksaan oleh Jaksa anak terpenuhi dan anak tidak mengalami tekanan dalam proses pemeriksaan.
Proses pemeriksaan berlangsung dalam suasana nyaman dan tanpa ada tekanan.

Anak secara terbuka dan tanpa tekanan menceritakan semua perbuatan dan kejadian yang ia lakukan .
Setelah selesai dilakukan pemeriksaan, Anak menandatangani laporan hasil pemeriksaan di Kejaksaan .Selain Pembimbing Kemasyarakatan dari Bapas Kelas I Semarang anak juga didampingi orang tuanya.

Pendampingan disetiap proses peradilan pidana oleh Pembimbing Kemasyarakatan untuk memastikan kepentingan terbaik bagi anak dalam setiap tingkat proses peradilan sesuai dengan amanat UURI Nomor : 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak .

Kehadiran PK Bapas dalam setiap pelaksanaan pendampingan merupakan hal yang penting karena selain sebagai bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi, juga sebagai bentuk dukungan moril kepada keluarga ABH dan ABH sendiri.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar