Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis,Memonitor Langsung Pelaksanaan Kegiatan PKK di Kabupaten Labura

Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis,Memonitor Langsung Pelaksanaan Kegiatan PKK  di Kabupaten Labura Dok

SINARPAGINEWS.COM, LABURA,- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis memonitor langsung pelaksanaan kegiatan PKK desa/kelurahan di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). Perkembangan teknologi dan cepatnya perubahan menjadi poin penting yang disampaikan Nawal Lubis kepada para kader PKK di Labura.(30/8/2022).

Perkembangan teknologi, menurutnya, menuntut kader-kader PKK lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatannya. Inovasi dan kreativitas itu perlu diimplementasikan untuk tertib administrasi, Pola Asuh Anak Remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Halaman Asri, Terarur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK dan kegiatan IVA Test.

"Jadilah kader cerdik, ibu-ibu belajar teknologi bukan hanya untuk dibuat main, tetapi manfaatkan untuk mencari ide, inovasi kegiatan, jadi kreativitas kita bisa bertambah," kata Nawal Lubis, di Aula Ahmad Dewi Sukur, Kantor Bupati Labura, Selasa (30/8).

Kegiatan PKK sendiri telah mengalami perubahan yang cukup signifikan usai terbitnya Permendagri Nomor 36 Tahun 2020 dan Rakernas IX PKK. Hal tersebut menurut Nawal perlu disikapi dan ditindaklanjuti terkait administrasi dan 10 program pokok PKK.

"Kita harus menyikapi itu, mengimplementasikannya ke dalam kegiatan kita melaksanakan 10 program pokok PKK," kata Nawal pada acara yang dihadiri kader PKK dari 8 kelurahan dan 82 desa Labura.

Menurut Nawal Lubis salah satu hasil yang terlihat dalam pembinaan kader PKK adalah saat Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK). Pada kegiatan tersebut akan dilakukan berbagai lomba termasuk tata tertib administrasi, PAAR, UP2K, Hatinya PKK dan IVA Test.

"Salah satu yang mendorong kegiatan PKK adalah kerja sama dengan OPD, di desa dengan Kepala Desa atau Lurah. Berikan dukungan kepada PKK, karena mereka akan membantu kesejahteraan daerah Anda," kata Nawal Lubis

Sementara itu, Wakil Bupati Labura Samsul Tanjung mengatakan, telah melakukan pembinaan kader PKK desa dan kelurahan. "Kita terus melakukan pembinaan, bersinergi karena kita ingin keluarga di Labura lebih sejahtera," kata Samsul Tanjung.

Ketua PKK Labura Rama Dhona Hendriyanto Sitorus menambahkan, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas PKK di desa/kelurahan. Dia berharap Ketua TP PKK Sumut terus memberikan perhatian kepada kader-kadernya di Labura.

"Kahadiran Ibu sangat berarti bagi kami, menambah semangat kami untuk terus memperbaiki diri, kami harap ibu terus memperhatikan kami di sini," kata Rama.

Pada kesempatan itu, Nawal Lubis sempat menyaksikan berbagai penampilan Pokja PKK Labura yang mengikuti berbagai lomba. Selanjutnya Nawal dan rombongan meninjau langsung penanganan dan pencegahan stunting di Desa Kuala Beringin dan Kebun Selada di Desa Simpang Empat.

Hadir pada Pelaksanaan Monitoring TP PKK Desa/Kelurahan ini antara lain Sekda Labura Muhammad Suib, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sumut Suherman dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumut Hendra Dermawan. Hadir juga Forkopimda Labura, Camat se-Kabupaten Labura dan juga tokoh-tokoh masyarakat.(spn/sumut)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar