Di Tegal, 8.412 KPM Terima BLT Subsidi BBM

Di Tegal, 8.412 KPM Terima BLT Subsidi BBM Ahmad spn

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Sebanyak 8.412 keluarga penerima manfaat (KPM) mendapat bantuan langsung tunai (BLT) subsidi BBM tahap pertama. Penyaluran bantuan itu dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Sosial Kota Tegal di lantai 3 kantor Bank Jateng Cabang Tegal, Kamis (24/11/2022).

Pada kesempatan itu, lounching penyerahan simbolis dilakukan kepada 10 KPM diwilayah kota Tegal. Dihadiri Forkopimda, kepolisian, TNI, dan masyarakat penerima BLT BBM Subsidi.

Dalam laporannya, Kabid pemberdayaan dan jaminan sosial Dinsos Kota Tegal Dinar Marnoto menyampaikan, Guna mengantisipasi dampak inflasi pada kelompok Nelayan Kecil, Ojol, Pengemudi Becak, UMKM dan Masyarakat Miskin Tidak mampu yang masuk dalam Data terpadu Kesejahteraan Sosial, diperlukan kebijakan penganggaran belanja wajib perlindungan sosial melalui belanja pada APBD Tahun anggaran 2022.

Penyaluran BLT BBM subsidi ini dilakukan mulai hari ini hingga nanti selesai pada 30 November 2022.

Ada beberapa kategori yang berhak menerima yakni Kategori Nelayan Kecil usulan Dinas Kelautan Perikanan, Pertanian dan Pangan dari 405 KPM yang lolos 253 KPM. Kategori Pengusaha Mikro Kecil Menengah usulan dari Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan dari 666 KPM yang lolos 519 KPM. Kategori Pelaku Usaha Sektor Transportasi (Ojol, Pengemudi becak, pengusaha transportasi) dari 354 KMP yang lolos 243 KPM. 

" Besaran BLT yang diterimakan per KPM Rp. 150.000,- x 3 bulan = Rp. 450.000,- disalurkan dalam satu termin penyaluran." Kata Dimar.

Dikatakannya, Penyaluran BLT BBM melalui Bank Jawa Tengah Cabang Tegal yang terbagi pada 8 titik penyaluran yang tersebar di 4 kecamatan secara Tunai.

Sementara itu, Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya yang dibacakan Kadinsos Kota Tegal Bajari menyampaikan, permohonan maaf ketidakhadiran walikota karena ada acara diluar. Dikatakan bahwa penyaluran bantuan ini merupakan upaya untuk menjaga kestabilan ekonomi di kota Tegal dan menurunkan inflasi. Tentunya hal ini sebagai bukti pemerintah kota Tegal sangat peduli kesejahteraan masyarakat kota Tegal. Berharap ditengah kondisi ekonomi yang belum stabil, masyarakat harus bisa bangkit dan lebih kuat.

Sahroni warga martoloyo kota Tegal mengaku terbantu dengan pemberian BLT Subsidi BBM ini. Dia sendiri sebagai nelayan kecil pinggiran yang memiliki anak tiga mengaku sangat berterimakasih kepada pemerintah.(hid/spn).

Editor: Ahmad Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar