Bandung Karate Club (BKC)

Ratusan Anggota BKC Kota Bandung Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat di Dojo Al Fitrah

Ratusan Anggota BKC Kota Bandung Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat di Dojo Al Fitrah Asep Ruslan Ratusan anggota BKC Kota Bandung ikuti ujian kenaikan tingkat di Dojo Al Fitrah (Foto/SPN)

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG - Bertempat di SDIT Al Fitrah Bandung Kompleks Margahayu Raya Jl. Merkuri Timur No. 1 Kota Bandung, ratusan karateka dengan sabuk karate terikat erat di pinggang mereka berbaris dengan rapih. Meski usia mereka masih kecil, tapi kuda-kuda mereka menapak bumi dengan kokoh. Mereka adalah kohai atau murid-murid karate dari perguruan Bandung Karate Club (BKC) Kota Bandung yang akan mengikuti ujian kenaikan tingkat (UKT) atau kyu, dari berbagai jenjang, Minggu (27/11/2022).

Peserta ujian kenaikan tingkat Sabuk Putih ke Sabuk Kuning di Dojo Al Fitrah (Foto/SPN)

Tim penguji dan pelatih di Dojo Al Fitrah, Nur Kholis atau yang akrab dipanggil Kang Kholis mengatakan, ujian kenaikan tingkat merupakan salah satu agenda rutin yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali oleh Bandung Karate Club (BKC).

“Ujian kenaikan tingkat ini dilaksanakan enam bulan sekali. Dan ini adalah ujian susulan yang telah dilaksanakan pada 2 September 2022 yang lalu sebanyak 350 orang dan susulan di SMP Trinitas Bandung sebanyak 120 orang. Dan di Al Fitrah ini ada 122 anggota yang tadi telah mengikuti ujian kenaikan tingkat berasal dari beberapa Dojo yaitu Dojo Al Fitrah, Dojo Arcamanik, Dojo Grantex dan Dojo Nurul Amal,” ujar Kang Kholis.

Peserta ujian Nabila Kalila Khansa dan ayahnya Asep Ruslan bersama Nur Kholis dan Tedi Rustandi, Tim Penguji dan Pelatih BKC di Dojo Al Fitrah (Foto/SPN)

Dari 122 anggota tersebut, kata kang Kholis, dengan rincian Sabuk Putih ke Sabuk Kuning yang mengikuti ujian tingkat ada 98 orang, Sabuk Kuning ke Sabuk Orange 15 orang, Sabuk Orange ke Sabuk Hijau ada 5 orang, Sabuk Hijau ke Sabuk Biru ada 1 orang dan Sabuk Biru ke Sabuk Coklat ada 3 orang.

Selanjutnya kang Kholis mengatakan, bahwa dengan adanya ujian kenaikan tingkat ini banyak yang diharapkan.

“Untuk mengukur kemampuan anak dari lamanya latihan selama 6 bulan tolak ukurnya adalah sebuah ujian. Untuk itu kita menguji anak sampai dimana skillnya individunya, perkembangan gerakan ke gerakan lainnya, terus kemudian mental trainingnya juga disitu ada. Agar anak-anak bisa lebih naik lagi dan tidak kalah pentingnya adalah adrenalin dan kualitas anak,” ujarnya.

Pelaksanaan ujian Bandung Karate Club (BKC) di Dojo Al Fitrah Bandung (Foto/SPN)

Menurut Kang Kholis selama pandemi Covid-19 kegiatan latihan sangat terbatas disesuaikan dengan anjuran pemerintah.

“Kedepan kita sudah mempersiapkan lagi agenda-agenda yang bersifat kejuaraan, seperti kemarin kita mengadakan Kejurnas di GOR Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung yang diikuti sekitar 1.500 orang dan dalam waktu dekat kita akan mengadakan Gasyuku Nasional Cup yang dilaksanakan di Pondok Puragabaya Ciparay. Levelnya disitu selain kejuaraan juga digelar Latihan alam selama empat hari, ujian kenaikan tingkat dan kejuaraan nasional,” pungkasnya.

Editor: Asep Ruslan

Bagikan melalui:

Komentar