Upacara Hut PGRI Ke-77 Dan Hari Guru Nasional Tahun 2022 Indramayu Bermartabat

Upacara Hut PGRI Ke-77 Dan Hari Guru Nasional Tahun 2022 Indramayu Bermartabat Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, INDRAMAYU – Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Indramayu Jajang Sudrajat menjadi Pembina Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022, di Lapangan Sport Center Indramayu, Jumat (25/11/2022).

Pelaksanaan upacara ini dihadiri Sekretaris Disdikbud Kabupaten Indramayu Erni Heriningsih, Plt. Ketua PGRI Kabupaten Indramayu Untung Aryanto, Sekretaris PGRI Kabupaten Indramayu, Forkopimda Kabupaten Indramayu, Perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Indramayu, perwakilan guru, siswa SD, SMP dan SMA/SMK, serta pengurus PGRI se-Kabupaten Indramayu, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Asisten Daerah Jajang Sudrajat mengucapkan terima kasih kepada pengguna Platform Merdeka Belajar, yakni para guru yang mau mencoba hal-hal baru, tidak takut untuk berinovasi, sadar dan paham bahwa sudah tiba waktunya untuk bertransformasi.

“Sebenarnya, bukan hanya guru yang terus didorong untuk berubah, namun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga memacu diri untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja dalam pemberian pelayanan terbaik dalam dunia pendidikan,” katanya.

Jajang melanjutkan, bahwa para guru akan selalu mendapat kesempatan untuk mengikuti program Guru Penggerak guna menghasilkan generasi baru kepemimpinan pendidikan Indonesia, dimana guru selalu menomorsatukan murid pada tiap keputusannya, serta mampu menjadi mentor bagi guru-guru lain.

“Begitu pula dengan program persiapan calon guru di masa depan, khususnya melalui transformasi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan yang kini berorientasi pada praktik pengalaman lapangan, mengedepankan metode inkuiri, dan membiasakan refleksi,” jelasnya.

Menurutnya, kini program PPG lebih terintegrasi dengan sekolah, kampus, dan masyarakat melalui system digital yang bertujuan guna melahirkan para pendidik yang professional dan adaptif dengan memprioritaskan kebutuhan peserta didik, juga selalu bersemangat berkolaborasi dalam berinovasi.

“Saat ini adalah waktu yang tepat untuk menyamakan arah perjalanan kita menuju satu tujuan bersama, yakni pendidikan Indonesia yang maju, berkualitas, dan memerdekakan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Ketua PGRI Kabupaten Indramayu Untung Aryanto juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina, yang selalu mensupport dan memberikan banyak fasilitas untuk pelaksanaan kegiatan HUT ke-77 PGRI dan HGN Tahun 2022 tahun ini.

“Pertama-tama, kami atas nama keluarga PGRI Kabupaten Indramayu mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Bupati Nina, yang selalu mensupport kami dan memberikan banyak fasilitas untuk pelaksanaan kegiatan HUT PGRI tahun ini, sehingga pelaksanaan dapat berjalan lancar,” ungkapnya.

Untung Aryanto juga memaparkan bahwa pada HUT Tahun ke-77 PGRI dan HGN Tahun 2022 ini bertekad untuk menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi, yaitu menjadi mitra pemerintah dalam mendukung semua program pemerintah khususnya bidang pendidikan, sesuai dengan visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat).

Dirinya juga menyatakan terkait upaya yang dilakukan PGRI untuk mewujudkan Indramayu Bermartabat ialah dengan lebih meningkatkan kompetensi profesi guru, sehingga dapat memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas bagi generasi emas Indramayu dan akan membuat program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) pada tiap PGRI Cabang dalam rangka menuntaskan buta huruf guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Harapan kami kedepannya PGRI Kabupaten Indramayu akan lebih meningkatkan soliditas dan solidaritas, dimana pada kegiatan ini pun kami juga melakukan kegiatan sosial yaitu penghimpunan donasi untuk korban gempa bumi di Cianjur, yang sampai saat ini kami masih menghimpun dan InsyAllah kami akan langsung arahkan ke korban bencana alam melalui pemerintah daerah dan organisasi PGRI di tingkat provinsi,” pungkasnya.

Editor: Haris Rojangi

Bagikan melalui:

Komentar