Duet Duta Baca Kota Bandung 2022

Duet Duta Baca Kota Bandung 2022 Ahmad spn

SINARPAGINEWS.COM, KOTA BANDUNG - Banyak hal positif yang bisa kita lakukan selagi muda. Salah satunya aktif di kegiatan literasi seperti Duta Baca. Contohnya datang dari dua pemuda asal Kota Bandung, Bara Athaya Maghribi dan Hilda Fadilah. Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia ini adalah Duta Baca Kota Bandung 2022.

Siniar Ngariung bersama Duta Baca Kota Bandung 2022 di Dinas Arsip Perpustakaan (Disarpus) Kota Bandung, Rabu 11 Januari 2023.
Humas Kota Bandung berkesempatan untuk ngobrol dengan Bara dan Hilda dalam segmen Ngariung, Rabu 11 Januari 2023.

Sepanjang 2022, keduanya gencar menggerakan kegiatan literasi di Kota Bandung, khususnya membaca.

“Kegiatan yang kita lakukan antara lain Literacy Relay, yaitu kita keliling ke setiap kewilayahan. Tujuannya bukan hanya meningkatkan indeks membaca, tetapi juga membiasakan masyarakat untuk membaca,” ujar Bara.

Untuk diketahui, selain Literacy Relay, Duta Baca Kota Bandung juga memiliki program Duta Klik (Kios Literasi Kewilayahan), yang diisi oleh pelajar Kota Bandung dengan tujuan meningkatkan indeks literasi.

“Jadi, kalau di satu kewilayahan ada pojok baca, di sana ada Duta Klik sebagai ambasador-nya,” lanjut mahasiswa Program Studi Sosiologi Pendidikan ini.

Lain dengan Bara, Hilda punya kebiasaan baik yaitu dengan mengampanyekan Jumat Becerita.

Tampak sederhana, namun kebiasaan yang ditanamnya ini melatih kemampuan bercerita (story telling). Mahasiswa PGSD yang punya ketertarikan dengan pengajaran siswa sekolah dasar ini berharap kebiasaan baiknya dapat ia tularkan, khususnya pada murid-muridnya kelak.

“Hal kecil ini tanpa disadari meningkatkan skill, khususnya dalam dunia literasi,” terang Hilda.

Bara maupun Hilda berharap, selesainya masa jabatan mereka sebagai Duta Baca 2022 bukan akhir dari pengabdiannya pada hal yang digemari. Setelah titel Duta Baca lepas, mereka berharap tetap dapat memberi inspirasi positif.

“Duta Baca bukan sekadar titel atau jabatan, ya. Namun kita juga harus tetap berinovasi, bagaimana caranya kita tetap memberi dampak positif setelah periode kita selesai,” kata Hilda.

Sementara itu, Bara menambahkan, saat ini (2022) indeks literasi Kota Bandung berada di angka 76,07 persen. Jumlah ini disebutnya meningkat dari tahun 2021 yang berada di angka 75 persen.

Ia berharap, indeks ini terus meningkat pada era Duta Baca setelah mereka.

“Mungkin bisa di angka 80, atau 90. Harus lebih baik dari era kami,” ucap Bara.

Keduanya juga mengajak masyarakat Kota Bandung untuk berkunjung ke perpustakaan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung yang beralamat di Jalan Seram Nomor 2.

Sebagai informasi, perpustakaan ini buka mulai pukul 09.00 - 15.00 WIB (Senin hingga Jumat). Pada hari Sabtu, perpustakaan ini beroperasi hingga pukul 12.00 WIB.

Melanjutkan Mimpi
Keduanya menyambut positif Pemilihan Duta Baca Kota Bandung 2023 yang sudah dibuka pada 6 Januari 2023. Hilda menyebut, kegiatan ini mengajarkannya mengabdi sekaligus menginspirasi.

“Semoga teman-teman yang ikut pemilihan ini, memang punya niat yang sama untuk menginspirasi. Perlu diketahui juga, kegiatan ini tidak menjanjikan apapun selain pengalaman berharga,” ujar Hilda.

Sementara itu Bara berharap para penerus Duta Baca Kota Bandung bisa menampilkan yang terbaik, bahkan melampaui capaian Duta Baca 2022.

“Jangan sampai Duta Baca hanya mengenakan selendang atau titel saja. Tetapi juga harus memberi manfaat positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Sebagai informasi, mekanisme Pemilihan Duta Baca Kota Bandung bisa anda lihat melalui akun Instagram @dutabacakotabandung. Yuk, ramaikan dan sama-sama tingkatkan indeks literasi di Kota Bandung.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar