Peringati Hari TB Sedunia, Pasien TB Diberi Masker Dan Makanan Tambahan

Peringati Hari TB Sedunia, Pasien TB Diberi Masker Dan Makanan Tambahan red spn Ket.foto:( kadis kesehatan kota Tegal menyerahkan paket masker dan makanan tambahan)

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Tepat tanggal 24 Maret 2023 adalah merupakan peringatan Hari Tuberculosis (TB) sedunia yang ke-139. Kepada pasien TB di kota Tegal dibagikan masker dan makanan tambahan (susu+biskuit). 

" Di pasien puskesmas Tegal timur sendiri ada 35 pasien TB. Pada kesempatan ini kami bagikan masker dan makanan tambahan berupa susu dan biskuit," kata Kadis Kesehatan Dr.dr Sri Primawati Indraswari, Sp.KK.MM.MH didampingi Kabid UKMP dr. Erna Khaeriyah disela sela acara penyerahan bantuan di puskesmas slerok, Jumat (24/3/2023).

Dikatakan dr. Erna bahwa agenda yang sama juga dilakukan di delapan puskesmas di Kota Tegal yakni membagikan masker dan makanan tambahan.

Dihari yang sama juga dilakukan talkshow di radio Sebayu FM dengan tema seputar Tuberkulosis (TB) dengan mengambil tema " ayo bersama akhiri TBC, Indonesia bisa!"

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Tegal Dr.dr Sri Primawati Indraswari, Sp.KK.MM.MH mengatakan, target eliminasi TBC Tahun 2030. Maka itu, pihaknya Secara maksimal menggiatkan TOSS (temukan obati sampai sembuh) untuk kasus TB.

Lebih lanjut dikatakan dr. Prima, Tujuan diperingati hari TB seluruh dunia adalah agar dapat meningkatkan pemahaman, kesadaran, dan peran serta seluruh masyarakat dalam penanggulangan TBC.

 Di Indonesia, kegiatan ini sejalan dengan Perpres no.67/2021 tentang penanggulangan TBC yang antara lain mengamanatkan komitmen presiden dan pemerintah RI untuk mensukseskan penanggulangan TBC serta pentingnya dukungan lintas sektor dan seluruh lingkungan masyarakat.(hid/SPN).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar