Perumda AM TJM Cabang Palabuhanratu, Sigap Perbaiki Pipa Bocor Akibat Terjepit Akar Pohon

Perumda AM TJM Cabang Palabuhanratu, Sigap Perbaiki Pipa Bocor Akibat Terjepit Akar Pohon Deni Silalahi

SINARPAGINEWS.COM, KAB. SUKABUMI - Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumda AM TJM) Kabupaten Sukabumi melalui Cabang Palabuhanratu telah melakukan perbaikan kebocoran pipa yang terjadi di Jalan Jajaway, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi (2/11).

Menurut Kepala Urusan Teknik Perumda AM TJM Cabang Palabuhanratu, Acu Mulyana mengatakan, indikasi kebocoran pipa ini diduga disebabkan terjepit akar pohon, sehingga pada saat melakukan pengaliran air pipa tersebut pecah.

"Indikasi kebocorannya adalah pipa dibawahnya terjadi belah diakibatkan oleh akar pohon, jadi pipanya terjepit akar sehingga saat tekanan air datang, mungkin ada beban hingga mengakibatkan pipa itu pecah," jelas Acu.

Masih menurutnya, dalam dua hari terakhir ini pihaknya terus memantau situasi ini meskipun belum ada tanda-tanda kebocoran yang besar. Namun pada saat dilakukan pergiliran jaringan yang belum normal dikarenakan penurunan debit air, kebocoran semakin membesar.

Sebetulnya kejadian kebocoran diketahui sekitar 2 hari atau 3 hari lalu, tetapi tidak meluap sampai ke gorong-gorong dan jalan, hanya rembesan kecil saja.

"Jadi, kita kan ada manometer untuk mengukur tekanan di pipa distribusi utama diameter 10 inch, kok kenapa turun, kalau biasanya 5,8 jadi 5 sampai 4,8 Bar. Jadi kita timbul kecurigaan, ada apa di jaringan kok bisa turun?," jelasnya.

Adapun dampak dari perbaikan ini, menyebabkan terjadinya gangguan air ke beberapa blok, yakni: Gang Empang, Tanjakan Asem, Jalan Bhayangkara, Kebon Tarum 1 dan 2, Ranca Bungur, Gunung Sumping Perum Andara, Kampung Tipar, Kiaralawang, Taman Sari, Batu Sapi, Pangsor Lio, Pangsor Kaler, Sirnasari, Badak Putih, Cangehgar Barat dan Utara, serta Panyairan Hilir.

Perkiraan pengerjaan akan selesai jam 12 malam, untuk pengaliran air normal kembali kepada pelanggan itu besok jam 9 pagi sampai jam 10, yang terkena dampak dari perbaikan pipa kebocoran pipa induk distribusi 10 inch ini, yang diperkirakan hampir di kurang lebih 3.500 pelanggan yang akan terganggu pelayanannya," pungkasnya.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar