Laksanakan Home Visit, PK Jelaskan Tugas dan Tanggungjawab Penjamin

Laksanakan Home Visit, PK Jelaskan Tugas dan Tanggungjawab Penjamin red spn

SINARPAGINEWS.COM, SEMARANG - Pembimbing Kemasyarakatan dalam fungsinya memiliki tugas untuk membuat penelitian kemasyarakatan atau biasa disebut litmas. Litmas sendiri menjadi syarat wajib agar Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP ) mendapatkan hak integrasi baik PB,CB maupun CMB.

Pembimbing Kemasyarakatan menyusun Litmas setelah adanya permintaan penyusunan Litmas untuk Warga Binaan Pemasyarakatan dari pihak lembaga pemasyarakatan.

Dalam pembuatan litmas penjamin menjadi syarat waji terlaksananya penelitian kemasyarakatan untuk klien. Sehingga setelah pengambilan data kepada klien selanjutnya PK memastikan kesiapan dari penjamin seperti ikatan keluarga, tempat tinggal dan lingkungan tempat tinggal.
Reza Adiyatma selaku pembimbing pemasyarakatan pertama dari Bapas Kelas I Semarang menyampaikan bahwa " Penjamin merupakan syarat wajib agar klien dapat menerima hak integrasi, karna jika tidak ada yang menjadi penjamin maka klien tidak bisa mendapatkan haknya". Tutur Reza.

Penjamin bertanggungjawab kepada PK untuk siap menjaga sikap dan perilaku klien serta mengawasi klien agar tidak melakukan hal-hal yang buruk. Maka dari itu PK harus memastikan kesiapan dari penjamin klien mengingat peran penjamin sangat penting dalam program integrasi yang dilaksanakan oleh klien. PK tidak bisa selalu mengawasi karena jarak dan waktu sehingga itulah tugas penjamin yang siap menjaga sikap dan perilaku klien yang kemudian bisa dilaporkan kepada PK.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar