Dalam Rangka Harkannas ke-10, DPKP Kobar Gelar Berbagai Kegiatan

Dalam Rangka Harkannas ke-10, DPKP Kobar Gelar Berbagai Kegiatan Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, KALTENG KOBAR - Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang selalu diperingati setiap tanggal 21 November bertepatan dengan Hari Perikanan Dunia dan pada tahun 2023 saat ini adalah perayaan yang ke-10, dengan mengangkat tema “Ikan Untuk Generasi Emas”.

Tahun 2045 komposisi penduduk Indonesia diprediksi 70% adalah usia produktif 15-64 tahun. Bonus demografi ini merupakan peluang besar untuk meraih Indonesia Emas 2045.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar peringatan Harkannas serta Sosialisasi Gerakan Memasyarakat-Kan Makan Ikan (Gemarikan) bagi Masyarakat melalui Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) di halaman kantor DPKP Kobar, Rabu (29/11).

Peringatan Harkannas tahun 2023 diikuti Tim PKK 17 Desa Lokus Stunting dan UMKM/Poklahsar yang bergerak di bidang pengolahan hasil perikanan, serta dibarengi dengan Gerakan Pasar Murah (GPM) dan Bazar UMKM.

Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kamaludin dalam sambutannya mengharapkan agar Harkannas tahun ini dijadikan momentum mewujudkan visi Generasi Emas Indonesia tahun 2045 dengan meningkatkan kesadaran masyarakat Kobar untuk mengkonsumsi ikan.

“Ikan merupakan sumber protein yang baik untuk dikonsumsi yang nantinya dapat membantu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia bagi generasi penerus untuk mewujudkan visi besar Indonesia tahun 2045,” ujar Kamaludin.

Kamaludin menuturkan, mengkonsumsi ikan merupakan langkah yang tepat untuk dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia khusus nyaa bagi anak-anak agar mampu bersaing dalam kehidupan global yang yang mengalami perubahan cepat.

“Selain itu, kegiatan Harkannas yang diselenggarakan ini juga dimaksudkan agar semakin banyak warga yang memakan ikan, yang akan berkontribusi positif bagi nelayan penangkap ikan serta pelaku pembudidaya ikan yang ada di Kobar,” tambah Kalamudin.

“Pemerintah saat ini terus mendorong agar sektor perikanan di Kobar dapat tumbuh berkembang untuk bisa memenuhi asupan gizi bagi masyarakat serta mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi bagi daerah ini,” tutupnya.

Diakhir acara Kamaludin didampingi Kepala Dinas dan Sekretaris DPKP Kobar menyerahkan hadiah untuk pemenang lomba masak serba ikan dalam rangka Hari Ikan Nasional tahun 2023. (SPN/ Kobar)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar