Wamenhan M. Herindra Terima Audiensi Bupati Merauke Bahas Pengelolaan Food Estate

Wamenhan M. Herindra Terima Audiensi Bupati Merauke Bahas Pengelolaan Food Estate Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, JAKARTA – Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra menerima audiensi Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, M.T, di Kantor Kemhan RI, Senin (1/4).

Fokus pembahasan dalam pertemuan ini adalah tentang pengelolaan kawasan pengembangan lahan tidur di Kabupaten Merauke, sebagai kabupaten terluas di Provinsi Papua.

“Dengan letak geografis yang sangat strategis, Kabupaten Merauke sangat cocok dijadikan lahan bagi food estate,” kata Wamenhan.

“Kekuatan ketahanan pangan tidak kalah pentingnya dengan kekuatan senjata, terlebih dalam menghadapi situasi saat ini dan situasi yang akan datang; yaitu, sangat dibutuhkan air bersih dan pangan. Untuk itu, Indonesia harus memiliki cadangan pangan yang memadai,” tegas M. Herindra.

Lebih lanjut Wamenhan mengatakan, Kementerian Pertahanan menginginkan adanya peningkatan ketahanan pangan untuk mengantisipasi dampak global di kawasan, yang bisa saja terjadi di masa depan.

“Belajar dari sejarah perang, kalau kita memiliki senjata tanpa kekuatan cadangan pangan, akan kocar – kacir juga,” ungkap Wamenhan.

Untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, maka Kemhan bersinergi dengan instansi terkait; antara lain, Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta Kementerian BUMN. Kolaborasi tersebut direncanakan akan mengembangkan program food estate sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Merauke, untuk mendukung pemerintah agar program lumbung pangan di Merauke berjalan lebih efektif.

“Bayangkan, turunannya itu luar biasa untuk industri pangan kalau kita jalankan. Misalnya untuk jagung dan singkong, disampingnya bisa dilanjutkan dengan ternak sapi,” tambah Wamenhan.

Dalam kegiatan audiensi ini, Wamenhan M. Herindra didampingi Asisten Khusus Menhan RI Bidang Ketahanan Pangan Letjen TNI (Purn) Ida Bagus Purwalaksana, Dirwilhan Ditjen Strahan Kemhan Laksma TNI Anis Rusdiyono, Ses Baranahan Kemhan Brigjen TNI Heru Sudarminto, dan Ses Bainstrahan Kemhan Brigjen TNI Arif Harnanto. 

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar