Sudut Baca Bermartabat, Berikan Rasa Nyaman Bagi Pemudik Saat Singgah Di Kabupaten Indramayu

Sudut Baca Bermartabat, Berikan Rasa Nyaman Bagi Pemudik Saat Singgah Di Kabupaten Indramayu Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, INDRAMAYU – Tradisi mudik merupakan sebuah budaya karifan khas Indonesia yang dilaksanakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia yang berlangsung setiap tahun menjelang perayaan hari raya keagamaan, terutama hari Idul fitri.


Mudik menjadi suatu momen yang dimanfaatkan oleh mereka yang hidup dan tinggal di berbagai kota di Indonesia berbondong-bondong kembali ke kota asal orang tua untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman.


Seluruh moda transportasi digunakan saat mudik, seperti mobil pribadi, pesawat, kereta, kapal laut, motor, dan bus. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama dari berbagai komponen masyarakat dan pemerintah sehingga prosesi tersebut berlangsung dengan aman, tertib, lancar dan nyaman.


Dalam rangka mendukung prosesi mudik tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) membuka Sudut Baca Bermartabat yang berlokasi di Rest Area Jembatan Timbang Losarang.


Kepala DPA Kabupaten Indramayu, Aan Hendrjana M menuturkan, sudut baca tersebut merupakan fasilitas yang disediakan bagi pemudik untuk beristirahat dan melepas penat saat perjalanan mudik.


Selain itu dirinya menerangkan, berbagai fasilitas disediakan di sudut baca tersebut seperti beragam buku bacaan menarik, meja dan kertas mewarnai dengan gambar konten lokal Indramayu (Gambar Tugu Mangga, Gambar Pendopo, Gambar Gedong Gincu), serta fasilitas bermain anak (Ayunan, Jungkat-Jungkit, Perosotan serta mainan kuda-kudaan).


Kemudian, pada sudut baca juga disediakan internet gratis serta tv publikasi guna memudahkan pemudik dalam mengakses informasi.


“Kita upayakan memberikan fasilitas secara maksimal. Di sudut baca ini kita upayakan pemudik dapat senyaman mungkin beristirahat, bagi yang membawa anak-anak bisa memanfaatkan fasilitas bermain yang juga kami sediakan, sehingga tidak hanya orang tuanya yang beristirahat sambal internetan dengan nyaman begitupun dengan anak-anaknya dapat bermain di sudut baca. Alhamdulillah dengan hadirnya sudut baca ini mendapat respons yang baik dari pemudik dan mereka merasakan manfaat kehadirannya,” ungkap Aan kepada Diskominfo Indramayu, Jumat (3/4/2024).


Sementara itu, Aan yang juga merupakan Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparra) Kabupaten Indramayu mengatakan, sebagai upaya dalam meningkatkan promosi potensi daerah baik dari sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif, Disparra Kabupaten Indramayu menghadirkan pameran ekonomi kreatif serta informasi yang berkaitan dengan lokasi wisata mana saja yang dapat dikunjungi oleh para pemudik saat singgah di Kabupaten Indramayu.


“Kita juga memberikan rekomendasi terkait wisata yang ada di Kabupaten Indramayu. Informasinya kita publikasikan melalui banner dan tv informasi yang bisa dengan mudah dijangkau pemudik. Oh iya selain itu, barangkali pemudik juga ingin membawa cendera mata dari Kabupaten Indramayu kita juga hadirkan pameran barang-barang ekonomi kreatif,” pungkasnya. 

Editor: Haris Rojangi

Bagikan melalui:

Komentar