Halalbihalal Sebagai Momentum Menyatukan Hati Mewujudkan Pemasyarakatan PASTI Berdampak

Halalbihalal Sebagai Momentum Menyatukan Hati Mewujudkan Pemasyarakatan PASTI Berdampak Red

SINARPAGINEWS.COM, SEMARANG, Bapas Semarang menyelenggarakan kegiatan halalbihalal 1445H/2024M di Aula Kantor Bapas Semarang (18/4/2024).

Barusaja Umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445H setelah sebelumnya mereka menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan. Peringatan Hari Raya Idul Fitri biasanya menjadi momentum yang ditunggu – tunggu oleh seluruh Umat Islam. Di Indonesia tidak hanya Umat Islam yang merasakan kebahagiaan dengan datangnya Hari Raya Idul Fitri 1445H, bahkan juga dirasakan hampir sebagaian besar masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan salah satunya karena di Indonesia terdapat 2 tradisi yang sampai saat ini masih dilaksanakan yaitu mudik / pulang kampung dan kegiatan halalbihalal

Kegiatan Halalbihalal di Bapas Semarang menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Pada tahun ini, Bapas Semarang kembali menyelenggarakan halalbihalal dengan mengusung tema “Satukan Hati Wujudkan ASN BerAKHLAK, Pemasyarakatan PASTI BerAKHLAK”. Tema ini sengaja di ambil agar selaras dengan tema Hari Bakti Pemasyarakatan ke 60 yang jatuh pada tanggal 27 April 2024 yaitu “Pemasyarakatan PASTI Berdampak”.

Seluruh layanan Pemasyarakatan agar dapat mendatangkan hasil yang dirasakan langsung oleh penerima manfaat sehingga merasakan perubahan yang nyata, dibutuhkan komitmen seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk terus berkinerja, memberikan pelayanan prima, serta berupaya meningkatkan motivasi dan memacu inovasi. Seluruh jajaran Pemasyarakatan harus mempunyai perasaan, fikiran dan tujuan yang sama dalam memajukan Pemasyarakatan

Selama melaksanakan tugas, terkadang timbul permasalahan yang membuat hubungan antar Pegawai tidak harmonis. Hal ini tentunya akan menghambat terlaksananya tujuan suatu organisasi. Momentum Halalbihalal mengajak seluruh jajaran khususnya Pegawai Bapas Semarang untuk saling maaf memaafkan. Memupuk lagi rasa persaudaraan sehingga terwujud Pegawai Bapas Semarang yang kompak, solid serta memiliki perasaan dan fikiran yang sama yaitu mewujudkan Pemasyarakatan PASTI Berdampak. Hal ini disampaikan Sarwito selaku Kepala Bapas Semarang saat memberikan sambutan.

Pengurus Yayasan Islam Syahidin Kerobokan Ustad H. Puryanto, S.AG yang mengisi ceramah pada kegiatan halalbihalal kali ini menyampaikan pentingnya menjaga hubungan baik antar sesama manusia sebagaimana Allah Berfirman dalam Al Qur’an Surat Ali Imran Ayat 103
Dan berpeganglah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepada kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara… .(QS Ali Imran 103)

Puryanto juga mengajak seluruh Pegawai Bapas Semarang yang hadir untuk mentauladani Akhlak Nabi Muhammad SAW yaitu disiplin, jujur dan amanah.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar