Mapag Sri Desa Legok: Melestarikan Budaya, Memajukan Indramayu

Mapag Sri Desa Legok: Melestarikan Budaya, Memajukan Indramayu Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, INDRAMAYU - Pemerintah Desa Legok, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, kembali menggelar kegiatan melestarikan adat budaya Mapag Sri sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta, Rabu (1/5/2024).


Acara ini juga menjadi ajang untuk menyambut pesta panen serta langkah rutin dalam mempererat tali silaturahmi antar masyarakat dan pemerintah desa.


Dengan semangat yang membara, masyarakat Desa Legok berkumpul untuk merayakan kekayaan budaya mereka.


Kegiatan ini bukan hanya sekadar upacara, tetapi juga sebuah persembahan kepada alam dan tradisi leluhur yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mereka.


Kepala Desa Legok, Arih Jahari menyampaikan pentingnya menjaga dan melestarikan warisan budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang.


"Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk syukur atas hasil panen yang melimpah, tetapi juga sebagai penghormatan kepada tradisi dan kearifan lokal yang telah mengakar dalam kehidupan kami sehari-hari," ujarnya kepada Diskominfo.


Acara tersebut turut dihadiri oleh tokoh masyarakat, para pemangku adat, serta perwakilan dari pemerintah Kabupaten.


Mereka semua ikut serta dalam upacara adat yang dipimpin oleh sesepuh desa dengan penuh khidmat dan kekhusyukan.


Tidak hanya sekadar upacara keagamaan, kegiatan ini juga memperkuat tali silaturahmi antar warga dan pemerintah desa.


Melalui kebersamaan dalam menjaga dan merayakan adat budaya, diharapkan dapat tercipta harmoni dan solidaritas yang lebih kokoh di tengah masyarakat Desa Legok.


"Dengan semangat gotong royong dan kebersamaan yang menjunjung tinggi nilai-nilai adat budaya, Pemerintah Desa Legok terus berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan warisan leluhur demi keberlangsungan dan keharmonisan masyarakatnya," ungkapnya.


Kuwu Legok Arih Jahari, menyatakan komitmennya untuk mewujudkan visi misi yang berkelanjutan untuk memajukan daerahnya.


"Langkah ini sesuai dengan program-program yang telah dirancang oleh Bupati Nina Agustina untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indramayu," ungkap Arih.


Arih menyampaikan tekadnya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan berbagai program pembangunan yang bertujuan untuk menciptakan Indramayu yang bermartabat.


Dia menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam setiap tahapan program pembangunan tersebut.


"Salah satu fokus utama dari visi misi yang akan diwujudkan adalah peningkatan infrastruktur dan pelayanan publik yang lebih baik," kata dia.


Kuwu Legok berjanji untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dan stakeholder terkait guna mengoptimalkan pembangunan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.


Selain itu, Kuwu Legok juga menegaskan pentingnya pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan.


Dia berencana untuk mengimplementasikan program-program yang memberikan kesempatan yang sama bagi setiap warga untuk mengakses pendidikan berkualitas dan pelatihan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja.


Pernyataan Kuwu Legok ini disambut baik oleh masyarakat, yang melihatnya sebagai langkah positif menuju perubahan yang diharapkan.


Mereka berharap agar semua pihak, termasuk pemerintah daerah dan masyarakat, dapat bersinergi dalam mewujudkan visi misi untuk menciptakan Indramayu yang lebih baik dan bermartabat di bawah kepemimpinan yang berdedikasi dari Kuwu Legok Arih Jahari.


Pada kegiatan Mapag Sri ini menghadirkan pagelaran seni Sandiwara Chandra Sari untuk menghibur masyarakat.

Editor: Haris Rojangi

Bagikan melalui:

Komentar