HUT Ke105 Damkar, Bupati Minta DPKP Dorong Masyarakat Semakin Tumbuh, Maju, dan Tangguh

HUT Ke105 Damkar, Bupati Minta DPKP Dorong Masyarakat Semakin Tumbuh, Maju, dan Tangguh A.Wahidin

SINARPAGINEWS.COM, KAB. SUKABUMI- Bupati Sukabumi H Marwan Hamami bertindak sebagai Inspektur upacara Hari Ulang Tahun ke 105 Pemadam Kebakaran, di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, Senin 6 Mei 2024.

H Marwan Hamami dalam amanatnya meminta segenap jajaran DPKP Kabupaten Sukabumi agar selalu meningkatkan layanan pencegahan, baik pencegahan penanggulangan kebakaran maupun penyelamatan untuk mendorong masyarakat dan daerah semakin tumbuh, maju, dan tangguh.

Perjalanan DPKP hingga 105 tahun tidaklah mudah. Usia ini menandakan bahwa rakyat mengakui keberadaan Damkar dan kerja kerasnya telah menghasilkan kepercayaan publik.

Berdasarkan laporan, sepanjang tahun 2023 DPKP telah berkontribusi melakukan penanggulangan kebakaran sebanyak 579 kali dan non kebakaran 517 kali. Penyelamatan terbanyak adalah animal rescue.

"Animal rescue ini seperti mengevakuasi sarang tawon jenis vespa, ular masuk rumah warga, terpleset masuk sumur, dan terseret air sungai.

Dijelaskan H Marwan, DPKP merupakan ujung tombak yang dapat memberikan layanan dasar kepada masyarakat. Dirinya menekan keterbukaan informasi dan kemudahan teknologi dapat dimanfaatkan untuk pengembangan diri.

Tak hanya itu, keterlibatan aktif masyarakat sangat dibutuhkan dalam pencegahan, penanggulangan kebakaran dan penyelamatan, hal tersebut sebagaimana amanat regulasi Kemendagri mengenai pembentukan Dinas Damkar dan peran Relawan kebakaran (Redkar).

"Saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama berperan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran,"

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sukabumi menyerahkan piagam penghargaan kepada 5 pegawai Purna Bakti DPKP dan penyerahan piala skil competition kepada pemenang.

Usai melaksanakan upacara, Bupati Sukabumi memberikan pembinaan umum kepada seluruh pegawai Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar