Hasil Pertandingan Serbia vs Portugal: Skor 2-2

Hasil Pertandingan Serbia vs Portugal: Skor 2-2 Dok

Portugal bermain tandang melawan Serbia pada matchday 2 Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Minggu (28/3/2021). Pertandingan di Rajko Mitic, Beograd ini berakhir imbang 2-2, tapi sedikit kontroversial.

Portugal unggul lewat sepasang gol Diogo Jota di menit 11 dan 36. Serbia menyamakan kedudukan lewat gol-gol Aleksandar Mitrovic menit 46 dan Filip Kostic menit 60.

Serbia kehilangan Nikola Milenkovic yang dikartu merah langsung di menit 90+1. Setelah itu, sontekan Cristiano Ronaldo di menit 90+3 tak dianggap gol oleh wasit, padahal bola sudah melewati garis gawang. Tak ada teknologi garis gawang dan VAR, Portugal harus puas dengan satu poin.

Pada matchday pertama, Portugal menang susah payah dengan skor tipis 1-0 atas Azerbaijan, dan itu pun berkat gol bunuh diri pemain lawan. Sementara itu, Serbia menjinakkan sang tamu Republik Irlandia dengan skor 3-2. Kali ini, mereka berbagi angka.

Rangkuman Jalannya Pertandingan
Serbia mengandalkan nama-nama top untuk meladeni Portugal. Ada Sergej Milinkovic-Savic dan Dusan Tadic di lini tengah, juga Aleksandar Mitrovic dan Dusan Vlahovic di lini serang.

Dari kubu Portugal, pelatih Fernando Santos mengandalkan Sergio Oliveira, Bruno Fernandes, Digo Jota, Bernardo Silva, dan kapten Cristiano Ronaldo untuk skema serangannya.

Belum ada 15 menit laga berjalan, kebuntuan sudah pecah. Portugal mencetak gol pembuka. Diawali pergerakan Ronaldo di sisi kanan, Bernardo Silva menerima bola dari kaptennya itu, kemudian mengirim umpan silang ke tiang jauh yang sukses dituntaskan Jota dengan sundulan meski ditempel pemain lawan.

Portugal menggandakan keunggulan mereka sembilan menit sebelum habis babak pertama, dan lagi-lagi lewat sundulan Jota yang diawali serangan dari sisi kanan. Kali ini, bek sayap Cedric Soares yang melepas umpan silang manis ke jantung pertahanan Serbia.

Serbia tak ingin menuai malu di rumah sendiri. Tertinggal 0-2 di babak pertama, Serbia langsung menggebrak di babak kedua dan bisa mencetak gol. Skemanya sama dengan dua gol Portugal, yakni diawali crossing dari kanan dan dituntaskan dengan sundulan. Gol Serbia ini dicetak oleh Mitrovic, yang ditempel dua pemain Portugal, dari crossing pemain pengganti Nemanja Radonjic.

Sekitar 14 menit berselang, Radonjic kembali beraksi. Dari sebuah serangan balik, pemain Hertha Berlin pinjaman dari Marseille itu merancang assist lagi. Operannya sukses dituntaskan Kostic dengan tembakan dari dalam kotak penalti untuk menyamakan skor jadi 2-2. Keunggulan Portugal musnah sudah.

Di 15 menit akhir, Portugal mengurung pertahanan Serbia. Portugal mencari gol ketiga. Serbia kehilangan Nikola Milenkovic yang dikartu merah langsung menyusul sebuah pelanggaran keras.

Laga ini diakhiri dengan sebuah drama. Sebuah umpan panjang bisa diteruskan Ronaldo dengan sontekan untuk menaklukkan kiper Serbia di stoppage time. Bola disapu di garis gawang. Namun, dari tayangan ulang, bola sudah melewati garis gawang. Gol tak diberikan, dan protes Ronaldo ke hakim garis berbuah kartu kuning.

Pertandingan berakhir dengan skor 2-2. Ronaldo membanting ban kapten dan meninggalkan lapangan.

Berikutnya, Selasa (30/3/2021), Serbia akan main tandang melawan Azerbaijan. Sementara itu, Portugal akan kembali main tandang, yakni melawan Luksemburg.

Susunan Pemain dan Statistik
Dusan Tadic (depan) vs Danilo Pereira di laga Serbia vs Portugal © AP Photo
Serbia (3-4-1-2): Dmitrovic; Pavlovic, S Mitrovic, Milenkovic (merah 90+1); Kostic, Gudelj, Milinkovic-Savic, Lazovic (Maksimovic 46 - kuning 56); Tadic (Djuricic 82); A Mitrovic (kuning 85) (Jovic 88), Vlahovic (Radonjic 46).

Pelatih: Dragan Stojkovic.

Portugal (4-3-3): Lopes; Cancelo (Nuno Mendes 72), Dias, Fonte (kuning 54), Soares; Oliveira (Renato Sanches 73), Pereira, Fernandes (kuning 52) (Palhinha 90); Jota (Felix 85), Ronaldo (kuning 90+3), Bernardo Silva.

Pelatih: Fernando Santos.

Statistik Serbia - Portugal

Ball possession: 44% - 56%
Shots: 16 - 12
Shots on target: 5 - 5
Kartu kuning: 2 - 3
Kartu merah: 1 - 0.

sumber:bolanet

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar