PERSIB Mendaftarkan Gatot Prasetyo Sebagai Pelatih Kiper untuk Liga 1 2021/2022

PERSIB Mendaftarkan Gatot Prasetyo Sebagai Pelatih Kiper untuk Liga 1 2021/2022

SINARPAGINEWS.COM, BOLA - PERSIB mendaftarkan Gatot Prasetyo sebagai pelatih kiper untuk Liga 1 2021/2022. Hal tersebut akan berlangsung sambil menunggu update lisensi Luizinho Passos yang masih berjalan.

Direktur PT PERSIB Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono menjelaskan, bukan hal mudah mengambil keputusan terkait hal itu. Apalagi, waktu yang ada sangat sempit menjelang bergulirnya kompetisi.

Padahal, Passos sudah ada di Indonesia selama lima tahun dan berperan memunculkan beberapa nama kiper untuk Tim Nasional Indonesia.

"Kronologisnya, Passos sudah di Indonesia selama lima tahun. Selama ini, sertifikat kepelatihan selalu di-aprove dan tidak ada masalah," kata Teddy, Rabu 8 September 2021.

"Sekarang ada regulasi baru dari AFC yang menyatakan pelatih kiper harus level 1 dan diberi waktu mepet. Bagaimana klub yang sudah kontrak pelatih tiba-tiba harus mengganti menjadi level 1, kurang dari dua hari," lanjutnya.

Idealnya, ada sosialiasi jauh-jauh hari tentang hal itu. Apalagi, selama tahun 2020 tidak ada kursus kepelatihan. Jadi, akan lebih mudah pelatih memenuhi persyaratan, tidak dengan waktu yang sempit dan dipastikan sulit dilakukan.

"Sertifikasi itu harus diberikan instruktur dari AFC. Selama pendemi AFC tidak melakukan kursus instruktur. Bagaimana peserta dapat sertifikat, kalau kursus tidak ada," jelas Teddy.

Ia pun akhirnya dengan berbagai pertimbangan mendaftarkan Passos sebagai vidio analis. Pertimbangan lainnya, karena Passos punya kempuan menganalisa pertandingan. Jadi, Teddy mengatakan, tidak bisa menyalahkan klub dalam situasi ini.

"Solusinya sebagai analisis. Pak Gatot sebagai pelatih kiper sebab memenuhi kriteria untuk level 1. Passos juga mumpuni untuk menganalisis pertandingan," bebernya. ***

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar