Cabor Petanque Gelar Babak Kualifikasi Porprov Jabar, KONI Kab. Sukabumi : Kami Optimis Bisa Lolos

Cabor Petanque Gelar Babak Kualifikasi Porprov Jabar, KONI Kab. Sukabumi : Kami Optimis Bisa Lolos Anom Nurzain

SINARPAGINEWS.COM, SUKABUMI, - Ketua KONI Kabupaten Sukabumi, Sirajudin, SE. Melepas enam atlet  Petanque yang akan berlaga di Babak Kualifikasi Porprov di Cimahi Jawa Barat. Prosesi pelepasan di selenggarakan di Aula KONI Kabupaten Sukabumi, Kompleks Gelanggang Pemuda Cisaat Sukabumi, Senin (22/11/2021).

Dalam sambutannya, Sirojudin berharap, para atlet petanque berjuang keras dalam mengikuti babak kualifikasi Porprov, demi meraih prestasi terbaik dan mengharumkan nama Sukabumi. “Para Atlet diharapkan bisa fokus pada pertandingan, jangan berpikir yang lain. Bila ada permasalahan, ketua Cabor segera koordinasi dengan pengurus KONI untuk mencarikan solusinya, sehingga para atlet tidak terbebani,” tegasnya.

Selesai upacara pelepasan tersebut Sirojudin memberikan keterangan kepada awak media. Menurutnya, cabang olahraga petanque merupakan unggulan di porprov mendatang, meskipun baru terbentuk di KONI Kabupaten Sukabumi. “Saya melihat potensi yang luar biasa, dan sangat optimis di babak kualifikasi ini bisa meraih prestasi terbaik, sehingga bisa ikut bertanding di Porprov 2022 mendatang,” Ujarnya.

Sementara Ketua cabang olahraga Petanque Sandi Hapidi mengungkapkan, sebanyak enam atlet petanque yang diberangkatkan ke Cimahi untuk mengikuti babak kualifikasi, merupakan atlet pilihan dan sudah dipersiapkan dengan matang. “ Saya optimis bisa meraih prestasi sebagaimana harapan KONI. Terlebih perhatian dan kesungguhan ketua, menambah semagat kami untuk berjuang maksimal, agar bisa lolos dan bertanding di Porprov mendatang,” ungkap Sandi.

Dihimpun dari berbagai sumber, olahraga petanque pada awalnya merupakan permainan tradisional di negara Prancis. Versi modern dari permainan petanque diperkenalkan oleh Jules Boule Lenoir pada tahun 1907 di kota La Ciotat Provence, yang tertletak di selatan Prancis. Itulah sebabnya olahraga petanque memiliki nama lain yaitu Boule.

Agar bisa dikembangkan sebagai cabang olahraga prestasi, permainan tradisional ini distandarkan dan dibuat aturan baku yang berlaku universal.

Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) diresmikan pada 18 Maret 2011. Pada tahun yang sama petanque mulai dipertandingkan di ajang SEA Games XXVI  yang berlangsung di Indonesia. Sampai sekarang cabang olahraga pentaque sudah memiliki banyak komunitas di Indonesia.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar