KONI Kab. Sukabumi Tawarkan Konsep Pengembangan Olahraga Berbasis Perestasi dan Pariwisata

KONI Kab. Sukabumi Tawarkan Konsep Pengembangan Olahraga Berbasis Perestasi dan Pariwisata Anom Nurzain Ketua KONI Kab. Sukabumi. Sirojudin, SE

SINARPAGINEWS.COM, KAB. SUKABUMI – Pengembangan olahraga perstasi dan pariwisata bisa dilakukan bersama-sama, dengan konsep kolaborasi antara KONI dengan Instansi terkait. Obyek-obyek wisata yang menjadi ikon Pariwisata di Kabupaten Sukabumi, juga merupakan wahana  pengembangan olahraga perestasi. Sementara atlet-atlet perestasi dengan bekal keahlian di cabornya,  bisa menjadi instruktur atau pemandu bagi wisatawan yang ingin berolah raga rekreasi. Jadi, saling mendukung dan saling melengkapi.

Demikian diungkapkan Ketua KONI Kabupaten Sukabumi, Sirojudin, SE., dikantornya Kompleks Gelanggang Pemuda Cisaat Sukabumi, Senin (22/11/2021).

Sirojudin menyebutkan beberapa Cabang Olahraga yang berperestasi di Kabupaten Sukabumi dan berkaitan erat dengan obyek-obyek wisata. “Banyak sekali, diantaranya surfing, layar, arung jeram, dayung, Paralayang, menembak dan lainnya. Itu menggunakan sarana obyek wisata,” ucap Sirojudin.

Salah satu bentuk program promosi wisata dan pengembangan olahraga, diantaranya menggelar kalender event olahraga. “Semakin banyak event, akan semakin baik untuk pengembagan olah raga, dan baik pula untuk promosi pariwisata. Selain event Porda, perlu event-event olah raga lain  yang berbasis pereatasi dan pariwisata,” ungkapnya.

Sirojudin mencontohkan upaya pengembangan olahraga sufing atau selancar, tentu akan berkaitan dengan wisata laut dan pantai. “Contoh, Olahraga Surfing, yang  telah melahirkan atlet berperestasi, membanggakan dan mengharumkan Kabupaten Sukabumi, di tingkat Nasional maupun Internasional. Itu harus terus dikembangkan. Sementara keindahan pantai dan laut harus terus dipromosikan. Kedua sektor ini bisa dikombinasikan dengan konsep ‘pengembangan olahraga surfing berbasis perestasi dan pariwisata laut dan pantai,” ujar Sirojudin.

Berkaitan dengan contoh pengembangan surfing tadi, menurut Sirojudin, idealnya harus punya kalender event secara rutin, baik level nasional maupun internasional. “Dengan kemasan yang kreatif, akan menarik para selancar lokal dan mancanegara untuk berpartisipasi. Bukan hanya atlet perestasi saja, tapi non perestasi yang sekedar hobi juga akan banyak yang datang. Dampaknya bisa menghidupkan pariwisata dan ekonomi lokal karena kunjungan peserta dan wisatawan lain,” tuturnya.

Sirojudin menambahkan, KONI Kabupaten Sukabumi akan melakukan pendekatan kepada semua pihak untuk bersama-sama mengembangkan olahraga. “Insya Allah, kami akan berdiskusi dengan instansi-instansi terkait. Mudah-mudahan kedepan kami bisa menjalin kerjasama yang lebih baik lagi. Termasuk membangun kemitraan dengan pihak lain atau sponsor dengan konsep win-win solution ,” tutur Sirojudin mengkhiri percakapan.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar