Sebanyak 80 Atlet Kota Bandung Menjadi Bagian dari Kontingen Jabar

Sebanyak 80 Atlet Kota Bandung Menjadi Bagian dari Kontingen Jabar Dok

SINARPAGINEWS.COM, BANDUNG - Sebanyak 80 atlet Kota Bandung menjadi bagian dari kontingen Jawa Barat yang akan mengikuti Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) yang digelar oleh Special Olympic Indonesia (SOIna) di Semarang, Jawa Tengah pada 3-8 Juli 2022 mendatang.

Pesonas merupakan ajang yang berisi kompetisi 12 cabang olahraga dan kegiatan lain seperti seni, budaya, kongres keluarga dan pemuda SOIna hingga pemeriksaan kesehatan. Sedangkan para atlet Kota Bandung akan mengikuti 11 cabor yang dipertandingkan.

Ketua SOIna Kota Bandung, Abdul Karim menerangkan, beberapa cabor di antaranya, tenis meja, bulu tangkis, sepak bola, futsal, senam, renang, bocce, bola basket, dan voli.

"Ada jumlah Atlet yang akan mengikuti perhelatan nantinya itu 80 atlet untuk 11 cabang olahraga dan 15 pelatih," jelas Karim, Rabu (29/06/2022).

Karim mengungkapkan, para atlet berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Bandung.

"Umur minimal 16 tahun, untuk atlet bukan hanya dari sekolah saja namun dari SLB yang ada di kota Bandung," katanya.

Menurut Karim, pada tahun 2018 lalu, Jabar meraih 12 medali emas dan 9 di antaranya disumbangkan oleh atlet Kota Bandung.

"Kita berharap, tahun ini lebih mendapatkan prestasi yang lebih baik dari sebelumnya," ucap Karim.

"Karena jumlah atlet tahun ini lebih banyak, diharapkan kita dapat lebih banyak lagi emas dari tahun lalu ," imbuhnya.

Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) ke-1 Tahun 2022 merupakan agenda 4 tahunan sebagai pembaharuan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) SOINA yang sudah digelar sejak tahun 1990, bagi atlet bertalenta khusus (penyandang disabiliitas intelektual).

PeSONas ke-1 Tahun 2022 akan digelar pada tanggal 3-8 Juli 2022 di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah tidak hanya mempertandingkan cabang olahraga, namun juga pementasan seni budaya, bagi atlet-atlet bertalenta khusus dari seluruh Indonesia.

Ini juga merupakan ajang seleksi atlet yang akan mewakili Indonesia pada event Special Olympic World Summer Games Tahun 2023, di Berlin, Jerman. (spn/jabar)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar