Babinsa Jalin Silahturahmi Dengan Bapak Anuar Tokoh/Pelaku Seni Dan Budaya Desa Kelanga

Babinsa Jalin Silahturahmi Dengan Bapak Anuar Tokoh/Pelaku Seni Dan Budaya Desa Kelanga Ismet spn

NATUNA,  - Kegiatan non fisik yang dilakukan Anggota Koramil 01/Ranai Babinsa Desa Kelanga Kec.Bunguran Timur Laut Koptu Purwanto adalah melaksanakan komsos bersama tokoh/pelaku seni dan budaya Desa Kelanga Bpk.Anuar 73 th. Babinsa mencari tau lebih dalam lagi tentang budaya melayu yang ada di Kab.Natuna ini, Rabu (3/03/2021).

Bpk Anuar adalah seorang Tokoh Seni dan Budaya Desa Kelanga. di usia yang sudah tidak lagi muda, Bpk Anuar tetap bersemangat melestarikan budaya lokal tersebut. dan pak Anuar mempunyai anggota 20 org untuk memainkan budaya:
Tari Topeng, Alu, Gendang Panjang.

Sejarah singkat tari topeng pada jaman dulu jaman kerajaan ada seorang putri anak raja yang sakit tidak kunjung sembuh melihat kondisi anak nya sang raja memanggil tabib dan tabib tadi menyarankan kepada raja agar membuat hiburan sehingga raja memanggil pengawal kerajaan untuk mencari sesuatu yang bisa menghibur anak raja tadi, singkat cerita pengawal tadi berburu ke hutan dan menemukan sebuah kampung di dalam hutan dan melihat orang - Orang itu sedang menari sehingga sang pengawal membawa meraka ke kerajaan untuk menghibur sang putri dengan satu syarat yaitu mereka pake topeng/tutup muka karena mereka malu di lihat orang - Orang kerajaan.

sampai tiba saat nya mereka menari di kerajaan menggunakan topeng/tutup muka sehingga anak raja tadi bisa tertawa dan sembuh dari sakitnya, dan mulai saat itu org kampung yang di dalam hutan tadi sering di panggil ke kerajaan utk menari/pentas di depan raja. Karena waktu itu tarian nya belum ada nama sehingga oleh raja tersebut di beri nama TARI TOPENG.

Bpk Anuar sendiri mewarisi tari topeng dari Ayahnya, sehingga tari topeng itu turun temurun. pada th 1966 bpk Anuar sendiri sudah ikut pentas bersama Ayahnya keliling natuna karena jaman dulu tari topeng selalu tampil di setiap hajatan.

Tari topeng dimainkan boleh 6-10 org atau lebih tergantung dengan kelengkapan sarana prasarananya.
Jenis tari topeng:
Tari topeng dengan piring, Tari topeng dengan tangan kosong, Tari topeng dengan selendang/kain panjang.

Tari topeng desa kelanga sendiri sudah pernah pentas di tanjung pinang dalam rangka pelestarian budaya di bawah dinas pariwisata kab.natuna utk mewakili kab.natuna.

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar