Bingung? Ini Tips Cara Mengecek Apakah Kita Kena Tilang Elektronik

Bingung? Ini Tips Cara Mengecek Apakah Kita Kena Tilang Elektronik Dok

SINAR PAGI NEWS,JAKARTA -  Sebanyak 12 polda memberlakukan tilang elektronik atau E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) mulai Selasa, 23 Maret 2021 lalu. Dalam sistem ini, polisi tidak menghentikan pengendara mobil atau motor yang melanggar.

Meski begitu pengendara mobil atau motor bisa mengecek apakah terkena tilang elektronik atau tidak. Bagaimana caranya?

Laman resmi E-TLE https://etle-pmj.info/id memberikan petunjuk atau tips bagaimana cara memeriksa apakah kita terkena tilang elektronik.

Cek Tilang Elektronik Jakarta Wilayah Jakarta bisa mengecek tilang elektronik melalui link https://www.etle-pmj.info/id/. Caranya, masukan nomor referensi pelanggaran Anda dan nomor polisi/NRKB untuk melakukan pengecekan pelanggaran yang dibebankan kepada kendaraan Anda.

Cek Tilang Elektronik Jatim Anda yang melakukan pelanggaran di wilayah Polda Jatim bisa mengeceknya melalui link https://etle.jatim.polri.go.id/ dengan cara yang sama, memasukkan nomor referensi pelanggaran dan pilih "Periksa".

Cek Tilang Elektronik Jogja Masyarakat yang berada di wilayah Polda DIY bisa melihat tilang elektronik melalui link https://cektilang.com/daerah-istimewa-yogyakarta/ dengan memasukkan nomor E-Tilang / No Blanko / No BRIVA - Nomor Tilang Elektronik Kendaraan yang ingin Anda cek informasi dan datanya.

Cek Tilang Elektronik Jabar Di wilayah Polda Jabar, cek tilang elektronik bisa dilakukan melalui link https://cektilang.com/jawa-barat/bandung/ dengan memasukkan nomor E-Tilang / No Blanko / No BRIVA - Nomor Tilang Elektronik Kendaraan yang ingin Anda cek informasi dan datanya.

Pemilik mobil atau motor bisa mengecek dengan mengunjungi situs resmi E-TLE. Pilih "CEK DATA," kemudian masukkan data di STNK seperti: plat nomor, nomor mesin, dan nomor rangka kendaraan.

Data STNK yang dimasukkan harus menggunakan huruf kapital/besar. Setelah data dimasukkan dengan benar, tekan “CEK DATA.”

Apabila tidak ada pelanggaran akan muncul tulisan, “DATA TIDAK DITEMUKAN/DATA NO AVAILABLE.” Artinya, tidak ada pelanggaran tilang elektronik.

Petunjuk bahwa pengguna mobil atau motor terkena tilang elektronik, akan muncul keterangan waktu, lokasi, tipe pelanggarannya apa, dan statusnya.(spn/hms)

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar