Babinsa Koramil 03/Wonosalam Dampingi Pemakaman Covid-19

Babinsa Koramil 03/Wonosalam Dampingi Pemakaman Covid-19 Dok

SINAR PAGI NEWS, DEMAK - Babinsa Koramil 03/Wonosalam Kodim 0716/Demak Koptu Zoni Murdiyanto melaksanakan pendampingan pemakaman warga dengan protokol Covid-19 di TPU Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, semalam (21/4/2021).

Wanita yang berinisal Mr (55) ini dinyatakan meninggal dunia dengan status terkonfirmasi Covid-19 oleh pihak Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Karyadi Semarang setelah beberapa hari mendapatkan perawatan intensif sejak Minggu (18/04) lalu, dengan penyakit bawaan (komorbid) diabetes militus disertai hypertensi.

Kepala desa setempat, Musthona Ahmad, yang hadir dalam prosesi pemakaman menuturkan, bahwa warganya tersebut pada Minggu (18/04) lalu mengeluh sesak nafas dengan kondisi badan lemas (drop).

“Oleh pihak keluarga, almarhumah dibawa ke Rumah Sakit Karyadi Semarang untuk dilakukan pengobatan,” ujar Musthona.

Setelah mendapatkan perawatan beberapa hari, tepatnya pada Rabu (21/04) siang, pukul 14.10 WIB, Mr (55) dinyatakan meninggal dunia dengan status terkonfirmasi Covid-19, sehingga pemakaman dilakukan sesuai prosedur yang ada.

Sementara Babinsa Koptu Zoni, dalam kesempatan itu menghimbau kepada pihak keluarga dan warga yang ikut dalam prosesi pemakaman untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Menggunakan masker dan menjaga jarak dengan yang lain.

Mereka juga diingatkan untuk tidak terlalu dekat dengan titik lokasi almarhumah dimakamkan, minimal berjarak 8 meter dari pusara almarhumah dikebumikan. Setelah selesai dikuburkan, baru diperbolehkan untuk mendekat ke pusara almarhumah guna mendoakannya.

Selain itu, Babinsa yang juga seorang atlet voli Kodim 0716/Demak ini meminta kepada pihak Puskesmas Wonosalam 2 untuk segera melakukan tracking dan tracing secepatnya, guna mengantisipasi penyebaran virus di Desa Wonosalam.

Tak hanya itu, dirinya juga meminta pihak Pemdes Wonosalam untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sekitar kediaman almarhumah.

“Baik tracing maupun penyemprotan, saya sebagai Babinsa akan mendampingi dan membantu. Karena ini sudah menjadi tugas dan tanggungjawab saya sebagi Babinsa,” tegas Koptu Zoni.

Hadir juga dalam pemakaman, personel Polsek Wonosalam, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala desa beserta perangkatnya, dan petugas Puskesmas Wonosalam 2.(hid/pen).

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar