Dandim Brebes Serahkan Hasil-hasil Pembangunan Desa Ciputih

Dandim Brebes Serahkan Hasil-hasil Pembangunan Desa Ciputih

– Dandim 0713 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, secara resmi menyerahkan hasil pembangunan fisik dan non fisik Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jateng melalui program TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2021, kepada pemerintah daerah melalui Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE.MH, di Pendopo Brebes. Rabu (14/7/2021).

Acara penyerahan itu secara simbolis dilakukan melalui penandanganan naskah TMMD dan kemudian diserahkan Dandim kepada Bupati.

Dalam acara yang disederhanakan terkait protokol kesehatan covid-19 itu, sejumlah pejabat dan tamu undangan yang hadir meliputi Kapolres AKBP Faisal Febrianto dan Forkopimda lainnya, Forkopimcam Salem, serta Kades Ciputih, Slamet Becho.

Dalam amanatnya Dandim mengatakan, TMMD Sengkuyung di Desa Ciputih yang dilakukan selama 30 hari, telah berhasil menuntaskan seluruh target yang diprogramkan dengan baik.

Keberhasilan itu menurutnya berkat gotong-royong dari Pemkab, TNI-Polri, stakeholder terkait, Ormas, dan juga warga masyarakat setempat yang sangat antusias membantu, sehingga dirinya menyatakan dengan tegas ucapan terima kasih.

“Kami berharap apa yang telah diberikan untuk warga Desa Ciputih dapat dirawat dan digunakan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi pertanian khususnya, termasuk merawat budaya gotong-royong itu sendiri,” ujarnya.

Kemudian, berbagai edukasi yang bertujuan meningkatkan pengetahuan (SDM) dan keterampilan masyarakat melalui berbagai macam sosialiasai, penyuluhan, dan juga pelatihan-pelatihan, juga dapat ditransfer lagi ke warga yang lain/getok tular.

Sementara itu, Bupati tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada TNI dan seluruh pihak yang telah membantu percepatan pemerataa pembangunan di desa-desa tertinggal infrastruktur di Brebes.

Ia juga meminta agar masih-masih pihak terus merapatkan barisan untuk bersama-sama menanggulangi penyebaran virus corona di wilayahnya.

Untuk diketahui, berbagai sasaran fisik itu meliputi peningkatan jalan warga antar sekaligus pertanian dengan makadam sepanjang 1.326 meter lebar 4 meter, pelebaran jembatan 7x3 meter, pekerjaan rabat beton sepanjang 190 meter lebar 3 meter, rabat beton lebar 4 meter panjang 120 meter, serta pekerjaan plat duiker volume 1,5 x 0,6 meter tebal 20 centimeter.

Kemudian untuk sasaran tambahan berupa renovasi 2 unit Poskamling di Dusun Sundai dan Dusun Tangerang, serta rehab 5 unit RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) milik warga yang kurang mampu di Dusun Depok (2 unit) dan di Dusun Kurung Ciung 3 unit.

Pekerjaan TMMD Sengkuyung itu didanai dari APBD fisik I dan II Pemkab Brebes dengan total Rp. 951 juta. (Aan)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar